Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga apapun adalah tindakan yang paling tepat. Sebab dokter yang paling tahu kondisi tubuh ibu dan janin, jadi dokter dapat menyarankan olahraga yang tepat sesuai kebutuhan.

Karena walau berolahraga secara teratur sebelum hamil baik, namun dalam beberapa kasus tertentu ibu hamil tidak dianjurkan berolahraga. Bicarakanlah tentang rutinitas kebugaran untuk memastikan aktivitas tidak membuat ibu atau bayi berisiko.

Tips Aman Berolahraga untuk Ibu Hamil, Jangan Takut Gerak Moms!


Cukupi Kebutuhan Kalori
Saat berolahraga tubuh akan kehilangan kalori, jadi cukupi kebutuhan kalori sebelum memulai olah raga untuk menyehatkan dan memperkuat tubuh dengan jumlah makanan tepat dan gizi seimbang. Untuk jumlah kebutuhkan kalori setiap ibu hamil bervariasi, hal ini berdasarkan berat badan pra-kehamilan.
 
Hindari Olahraga Berbahaya
Hindari olahraga berbahaya saat hamil sangat penting untuk menjaga keamanan ibu dan janin. Olahraga yang melibatkan banyak kontak seperti bola basket dan sepak bola, kuda dan lainnya harus dihindari.

Selain itu, gerakan telentang juga berbahaya bagi janin karena dapat mengurangi aliran darah ke jantung dan dapat mengurangi aliran darah ke otak dan rahim. Sehingga membuat Moms pusing, sesak napas, atau mual.

Tips Aman Berolahraga untuk Ibu Hamil, Jangan Takut Gerak Moms!


Lakukan Pemanasan
Lakukan Pemanasan, sebelum olahraga baik untuk mempersiapkan otot dan sendi. Dengan pemanasan peningkatan detak jantung pun akan stabil. Cara yang baik untuk pemanasan melakukan peregangan selama lima hingga delapan menit pertama atau latihan berjalan, secara perlahan-lahan lalu tingkatkan kecepatannya.

Minum Cukup Air
Minum cukup air baik sebelum, selama, dan setelah berolahraga untuk menghindari dehidrasi. Hal ini disampaikan dokter kandungan dr. Jimmy Panji, SpOG bahwa asupan cairan harus selalu tercukupi saat ibu hamil berolahraga untuk mencegah dehidrasi. Sebab dehidrasi juga dapat meningkatkan risiko overheating atau bahkan memicu kontraksi.

baca juga
Tips Aman Berolahraga untuk Ibu Hamil, Jangan Takut Gerak Moms!


Jangan Olahraga Berlebihan
Saat hamil Moms sebaiknya olahraga secukupnya saja. Jangan olahraga berlebihan sampai Moms lelah. Selalu berhenti jika ada anggota badan yang sakit, cobalah untuk beristirahat untuk jumlah waktu yang setara sebelum melanjutkan olahraga atau aktivitas lain. Misalnya, setelah yoga selama 30 menit, istirahatlah selama 30 menit juga.
 
Jadikan Orahraga Kebiasaan
Berdasarkan studi di Society for Neuroscience, San Diego, bayi berusia sepuluh hari memiliki tingkat kematangan otak yang lebih baik apabila ibunya rajin berolahraga selama masa kehamilan. Maka dari itu penting bagi ibu untuk jadikan olahraga kebiasaan sehari-hari.

Itulah tadi beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Moms ingin berolahraga dalam kondisi hamil. Karena itu tidak ada alasan berolahraga karena akan sangat bermanfaat jika bagi ibu dan janin. Dan selamat mencoba ya Moms.