1. Sisir Rambut Sebelum Mandi

Sisir rambut rambut sebelum mandi dengan wide-tooth comb (sisir besar yang bergerigi jarang) untuk meluruskan kembali rambut. Dengan begitu Moms dapat mencegah rambut kusut bahkan kerontokan. Selain itu, menyisir rambut dua kali sehari, dapat menghindarkan rambut dari lepek, sekaligus melancarkan peredaran darah ke kulit kepala.

Tips Rambut Sehat Berhijab, Ikuti Langkah-langkahnya Yuk!

2. Gunakan Shampo Khusus

Gunakan shampo khusus saat keramas juga dapat menjaga kesehatan rambut berkerudung. Setiap orang memiliki masalah rambut yang beragam mulai dari kering, berminyak bahkan berketombe. Bila rambut cenderung berminyak dan lembap karena berhijab, pilihlah shampo ringan khusus kulit kepala sensitif sehingga akan menyeimbangkan kondisi kulit kepala dan mencegah ketombe hadir.

Ketika dalam sehari Moms melakukan aktivitas berat dan banyak berkeringat. Maka, jangan menunggu keesokan hari, namun langsung cuci rambut dengan bersih. Sering mengganti dalaman kerudung juga akan mengurangi masalah pada rambut.
 
3. Gunakan Masker rambut

Masker rambut sangatlah tepat untuk mencegah kesusakan rambut. Pilihan masker rambut kemasan pun beragam.  Tapi jika Moms ingin bahan alami cukup gunakan minyak zaitun, minyak almond atau minyak biji bunga. Gunakan masker rambut seminggu sekali selama 20 menit lalu pijat-pijat kepala untuk membantu rambut tumbuh lebih baik.

4. Keringkan Rambut Sebelum Memakai Jilbab

Hindari memakai jilbab saat rambut masih basah karena dapat menyebabkan keteganggan rambut sehingga rambut lemah dan mudah patah. Selain itu, rambut basah lebih sensitif, maka lebih baik keringkan rambut sebelum memakai jilbab dengan hair dryer bila terburu-buru.

5. Jangan Ikat Rambut Terlalu Kencang

Saat berkerudung memang lebih praktis bila rambut diikat, namun jangan ikat rambut terlalu kencang ya Moms. Sebab, helai rambut akan melemah jika ditarik erat, sehingga menyebabkan kerontokan. Dan sebisa mungkin biarkan rambut terurai sesekali saat di rumah atau di kamar sehingga mengurai kesetresan pada rambut dan juga dapat mengurangi resiko rentan patah pada rambut.

Tips Rambut Sehat Berhijab, Ikuti Langkah-langkahnya Yuk!

6. Pilih Bahan Hijab yang Tepat

Memahami tentang jenis kain apa yang harus digunakan untuk hijabnya sangatlah penting lho Moms. Pilih bahan hijab yang tepat untuk rambut agar rambut juga merasa nyaman. Pilihlah kain yang ramah kulit yang memiliki jalur keluar-masuk udara, gunakan bahan dengan serat alami yang ringan dan lembut pada rambut. Kain chiffon, katun, nylon atau polyester adalah jenis kain yang dapat dipilih untuk kerudung Moms.

7. Konsumsi Makanan Kaya Asam Amino dan Protein

Memilih makanan yang tepat juga akan baik untuk perkembangan rambut. Makan makanan kaya asam amino dan protein adalah pilihan tepat, sebab zat tersebut dapat mengoptimalkan kesehatan rambut.

Itulah tadi beberapa tips yang merawat rambut bagi Moms yang berkerudung. Mudah dan sederhakan kan? Moms masih bisa tampil gaya dengan busana muslim kesayangan. Maka dari itu, yuk rajin merawat rambut agar makin sehat alami. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba Moms.