Oyong atau gambas merupakan makanan yang sering dijadikan sayuran sekaligus kaya akan manfaat. Hal ini dikarenakan oyong mengandung serat yang berlimpah, selain itu di dalam oyong juga mengandung thiamin, mangan, riboflavin, besi, seng, dan magnesium. Banyak pula kandungan nutrisi pada oyong seperti vitamin. Sayur oyong sangat bagus untuk kesehatan kulit seperti salah satunya membantu mengatasi masalah jerawat. Untuk menjaga dan mengatasi penyakit di dalam tubuh pun, sayur oyong bisa moms andalkan. Berikut berbagai macam manfaat sayur oyong untuk kesehatan:

Mencegah Anemia

Kandungan vitamin pada sayur oyong pun berlimpah, salah satunya vitamin B6 yang memiliki fungsi memproduksi hemoglobin dalam darah sehingga membantu mengalirkan oksigen ke seluruh sel dalam tubuh. Dengan kandungan vitamin B6 yang melimpah itu pula yang bisa membantu menggerakkan zat besi dalam tubuh agar bisa berfungsi dengan baik. Oleh sebab itu, penderita anemia yang kekurangan sel darah merah perlu banyak mengonsumsi sayur oyong.

Mencegah Anemia
baca juga

Mengatasi Migrain

Migrain atau sakit kepala sebelah juga bisa menghambat aktivitas, moms. Oleh karenanya, sayur oyong bagus dikonsumsi jika moms terserang migrain. Magnesium pada oyong berfungsi untuk menyeimbangkan neurotransmitter yang terletak di sel-sel saraf otak sehingga migrain bisa teratasi.

Mengatasi Migrain

Mengatasi Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 merupakan kondisi dimana kadar gula sangat tinggi, melebihi batas normal. Terserang diabetes tipe 2 cukup berbahaya karena bisa menyerang penglihatan alias penglihatan mulai kabur, bagian tubuh yang menghitam, dan luka yang sulit sembuh. Sebelum diabetes tipe 2 menyerang tubuh moms dan menyebabkan komplikasi, mulailah mengkonsumsi sayur oyong yang tinggi kandungan magenisumnya sebagai metabolism glukosa. Seringlah mengkonsumsi sayur oyong untuk mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 hingga 15%.

Mengatasi Diabetes Tipe 2
baca juga

Mencegah Nyeri Otot

Salah satu penyebab otot mengalami nyeri, kram, dan kejang yakni karena kurangnya kadar kalium dalam tubuh. Sayur oyong bermanfaat untuk mencegah nyeri otot. Memakan sayur oyong dapat menstabilkan cairan dan melemaskan otot karena oyong menjadi sumber kalium yang kaya manfaat.

Mencegah Nyeri Otot

Bagus Untuk Kesehatan Kulit

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, perbanyak konsumsi sayur oyong bagus untuk mencegah timbulnya jerawat, sekaligus menjaga kesehatan kulit. Sayur oyong mengandung kadar mineral yang tinggi yang mampu mencegah terjadinya dehidrasi sehingga kulit bisa terhindar dari dehidrasi, penuaan dini, infeksi kulit, serta membuat kulit tetap lembab dan halus.

Bagus Untuk Kesehatan Kulit