Saat masa kehamilan moms memastikan semua makanan yang Anda konsumsi harus baik untuk kesehatan Anda dan janin. Sayuran dan buah-buahan menjadi makanan yang wajib dikonsumsi saat hamil. Baik secara langsung atau dengan cara dijus. Salah satu jenis sayuran yang moms konsumsi dengan dijus adalah Wortel. Warnanya yang menarik membuat moms tak bisa melewatkan jus yang satu ini. Namun bagaimana dengan kandungan nutrisinya moms? Apakah mengkonsumsi jus wortel baik untuk moms dan janin?

Berikut kandungan nutrisi wortel untuk moms dan si bayi:
  • Wortel Untuk Mata
Kaya akan kandungan vitamin A, wortel baik untuk kesehatan mata Anda dan perkembangan mata pada janin.
  • Jaga Imunitas Tubuh dan Anemia
Saat masa kehamilan tentu moms akan selalu menjaga kondisi tubuh moms, jangan sampai terkena flu atau serangan virus lainnya. Agar tidak mengganggu perkembangan janin. Wortel bantu moms jaga imunitas tubuh karena kandungan vitamin C di dalamnya. Belum lagi kandungan zat besi yang efektif atasi anemia selama masa kehamilan.
  • Bantu Tumbuh Kembang Janin
Mengandung banyak kalsium, wortel baik untuk kesehatan tulang Anda. Selain itu kandungan ini juga sangat efektif untuk pertumbuhan dan perkembangan janin, terutama bagi pembentukan tulang dan giginya.
  • Membantu dalam Pengembangan Sistem Saraf Janin
Jumlah vitamin B dan asam folat yang cukup dalam wortel bermanfaat untuk pengembangan sistem saraf dan perkembangan otak bayi Anda yang belum lahir. Mengkonsumsi wortel setiap hari juga dapat mengurangi risiko bayi Anda mengalami cacat lahir saraf seperti spina bifida.
  • Terhindar dari Konstipasi

Sementara rajin mengkonsumsi wortel membuat moms tak lagi mengeluh karena konstipasi yang kerap menyerang ibu hamil. Resiko diabetes yang wajib dihindari ibu hamil pun bisa teratasi karena wortel dapat membantu menjaga kadar gula dalam darah.

baca juga

Risiko Minum Jus Wortel Berlebihan

  • Sayangnya meski memiliki segudang manfaat untuk kesehatan moms dan janin, wortel juga menyimpan resiko di dalamnya. Mengkonsumsinya secara berlebihan saat hamil menyebabkan kulit moms menjadi pucat dan berwarna kuning. Ini disebut karotenemia yang disebabkan atas konsumsi zat karoten yang berlebihan.
  • Kandungan vitamin A, memang baik untuk mata tapi kelebihan vitamin A, juga dapat menghambat pertumbuhan janin dalam kandungan.
  • Jika Anda menderita infeksi saluran empedu pada kehamilan, maka sebaiknya Anda menghindari konsumsi wortel secara berlebihan.
  • Minum jus wortel dalam jumlah berlebihan tidak baik untuk kehamilan. Meminum jus wortel lebih dari yang dibutuhkan dapat menyebabkan badan lesu dan sakit kepala.
Risiko Minum Jus Wortel Berlebihan

Aturan Konsumsi Jus Wortel Saat Hamil

Wortel merupakan salah satu sayuran yangbisa dikonsumsi dengan banyak cara.Tidak hanya dibuat jus, moms juga bisa mengonsumsinya dengan cara dimasak. Anda dapat menambahkan pada sayur sop atau hidangan capcay yang menggugah selera. Moms juga bisa menikmatinya dengan cara dibuat bubur wortel.
 
Cobalah memilih wortel yang masih segar, sehingga teksturnya masih renyah. ini akan mudah dinikmati jika moms ingin mengonsumsinya secara langsung atau sebagai campuran salad. Jangan lupa cuci bersih wortel dan hindari mengupas kulitnya terlalu tebal. Hal ini dikarenakan sebagian nutrisinya berada pada bagian kulit.

Aturan Konsumsi Jus Wortel Saat Hamil