Tikus dikenal sebagai hewan yang hidup di tempat kotor dan jorok. Lebih menjijikan jika hama berkaki empat ini berada di rumah kita. Pasalnya tikus pengerat ini suka merusak, memakan, dan mengotori seisi rumah hingga menyebarkan berbagai penyakit.

Maka dari itu, kehadiran tikus sangat tidak diharapkan. Apalagi jika mereka sudah bersarang di rumah dan berkeliaran sesuka hati dan membuat resah seluruh anggota keluarga.

Untuk mengusir tikus pun bukanlah perkara gampang. Nah kali ini mommyasia akan membagikan tips bagaimana cara mengusir tikus di rumah yang ampuh dengan menggunakan bahan alami dan tentu aman bagi moms dan keluarga.

1. Daun Salam

Daun salam sering digunakan terutama sebagai rempah pengharum masakan di beberapa kudapan Indonesia. Daun ini kerap dijodokan dengan laos alias lengkuas agar cita rasa serta aroma masakan menjadi lebih kuat. 

Meski wangi daun salam terasa harum di hidung kita, konon hal ini tidak berlaku pada tikus. Caranya cukup iris daun salam secara tipis dan letakan di tempat yang sering dialui tikus. Hal tersebut akan memebuat tikus tidak nyaman dan keluar untuk pergi dan menghindari daun salam.

1. Daun Salam
baca juga

2. Bawang

Tak hanya daun salam, bawang pun yang biasanya digunakan sebagai pelengkap rasa, ternyata berperan hebat dalam mengusur tikus dari rumah dengan ampuh. Aroma bawang ini dianggap tikus sangat menggangu. 

Caranya cukup mudah kok moms. Iris beberapa bawang putih hingga dirasa cukup. Lalu bungkus bawang tersebut ke dalam kain kasa. Setelah dibungkus, letakan bungkusan bawang putih yang telah dialapisi kain kasa ke daerah yang sering dihampiri tikus. Biarkan selama beberapa hari dan tikus pus tidak berani datang lagi moms!

3. Baking Soda

Tidak hanya sebagai cara mengusir tikus, baking soda pun bisa berperan sebagai racun alami karena bisa mematikan. Moms bisa menebarkan baking soda ini di berbagai area yang sering didatangi tikus. Tapi hati-hati ya moms jika memiliki hewan peliharaan. Pastikan hewan kesayangan moms tidak mendekati area tersebut.

3. Baking Soda
baca juga

4. Cengkeh

Biji cengkeh sering dicampur dengan beberapa ramuan lain sebagai pengharum yang menenangkan. Rasanya yang hangat dengan aroma yang menenangkan mampu membuat tubuh menjadi semakin rileks. 

Tapi moms, ini tidak berlaku pada tikus loh! Aroma wangi yang dihasilkan cengkeh menjadi salah satu hal yang sangat dibenci oleh tikus. Caranya masukkan beberapa cengkeh ke dalam kain kasa. Lalu tunggu beberapa hari hingga benar-benar kering. Lalu, letakkan cengkeh di sudut-sudut ruangan yang sering dilalui tikus.

Penting untuk diingat ya moms, pastikan cengkeh yang digunakan adalah yang benar-benar kering ya. Moms juga bisa membuat beberapa bungkusan kain kasa berisi cengkeh, lalu simpan di berbagai sudut rumah.

5. Minyak Peppermint

Minyak peppermint dapat digunakan untuk mengusir tikus tidak tahan dengan bau menyengat. Cara mengusir tikus dengan minyak peppermint adalah mencelupkan beberapa bila kapas dalam minyak peppermint dan menempatkannya di daerah rawan tikus. Jika tidak ada bahan tersebut, moms juga bisa menggunakan minyak jarak loh.