Apa Itu Puasa Ayyamul Bidh?

Puasa Ayyamul Bidh merupakan puasa sunnah yang dilaksanakan pada hari-hari putih yaitu tanggal 13, 14 dan 15 di setiap bulan pada kalender Hijriyah. Maksudnya, pada hari-hari tersebut bulan bersinar sangat terang sehingga tampak putih penuh cahaya.
 
Diriwayatkan dari Ibnu Milhan Al Qoisiy, dari ayahnya, ia berkata,

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa memerintahkan pada kami untuk berpuasa pada ayyamul bidh yaitu 13, 14 dan 15 (dari bulan Hijriyah).” Dan beliau bersabda, “Puasa ayyamul bidh itu seperti puasa setahun.” (HR. Abu Daud no. 2449 dan An Nasai no. 2434. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa  hadits ini shahih)

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh, Hari-hari Putih di Pertengahan Bulan Hijriyah

Keutamaan-Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh  
 
Seperti Puasa Sepanjang Tahun
Keutamaan yang pertama, setiap yang melakukan puasa sunnah Ayyamul Bidh akan mendapat pahala seperti orang yang puasa setahun penuh. Hal tersebut didukung oleh hadist yang diriwayatkan dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, dimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun.” (HR. Bukhari no. 1979)

Meneladani Rasulullah
Manfaat lainnya, dengan membiasakan diri dengan menjalanlan puasa sunnah ini secara rutin, Moms dapat mengamalkan sunnah Rasulullah ke dalam kehidupan sehari-hari. Moms juga bisa mengajak anggota keluarga untuk melaksanakan puasa bersama-sama dan menceritakan berbagai macam fadhilahnya.

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh, Hari-hari Putih di Pertengahan Bulan Hijriyah

Kesehatan Mental, Spiritual, dan Fisik
Sama seperti menjalankan ibadah puasa lainnya, puasa Ayyamul Bidh adalah ibadah yang bisa membantu menjaga diri dalam melawan hawa nafsu. Ketika melaksanakan puasa sunnah tersebut, Moms mencoba lebih kuat lagi untuk mengontrol emosi dan menahan amarah.

Ketika melaksanakan ibadah puasa pula, Moms juga belajar akan nilai-nilai kejujuran, baik itu jujur kepada diri sendiri, Allah SWT, atau kepada sesama manusia. Semua hal tadi sangat baik untuk kesehatan mental. Dr. Yuri Nikolayev, seorang direktur rumah sakit jiwa di Moskow menyebutkan bahwa puasa bisa membuat seseorang lebih awet muda baik secara fisik, mental, ataupun spiritual.

Hidup Sederhana
Selain puasa wajib, mengamalkan puasa sunnah juga akan mengajarkan Moms akan hidup yang sederhana. Melatih diri sendiri untuk menjalankan perintah Allah dan menjauhi yang dilarangnya dapat menjauhkan Moms dari sifat duniawi. Dengan begitu, ketaatan dan ketakwaan dapat meningkat dan Moms bisa menjadi lebih dekat kepada Allah SWT. Di samping itu pula, puasa juga bisa memunculkan rasa empati terhadap lingkungan sekitar.
 
Nah, Moms, setelah mengetahui semua keutamaan puasa Ayyamul Bidh, jadi semakin ingin mendapatkan fadhilahnya ya. Jangan lupa beli kalender hijriyah dan lingkari tanggal 13, 14, 15 supaya tidak melewatkan kesempatan berharga tersebut.