Moms, zat besi sangat penting bagi perkembangan tubuh dan otak anak. Memiliki fungsi memindahkan oksigen ke seluruh tubuh, anak kekurangan zat besi beresiko sulit bergerak. Zat besi juga dibutuhkan untuk berpikir lebih baik dan agar tidak mudah lelah. Bayi sejak lahir hingga usia 6 bulan membutuhkan 0,27 miligram zat besi dalam sehari. Hal ini bisa moms penuhi dengan memberikan ASI.

Selain itu, jika memang tidak memungkinkan untuk memberi air susu ibu, pastikan susu formula yang dikonsumsi bayi mengandung zat besi ya moms. Ketika bayi sudah berusia 6 bulan, dan mulai mengonsumsi makanan pendamping  ASI atau MPASI. Pastikan makanan pendampingnya mengandung nutrisi lengkap, termasuk zat besi. Berikut aneka makanan yang kaya akan zat besi:

Bayam

Bukan menjadi rahasia lagi bahwa bayam sangat baik untuk kesehatan bila dikonsumsi. Kaya akan kandungan zat besi, sayuran hijau ini cocok untuk penuhi kebutuhan zat besi pada bayi. Moms bisa menjadikan bayam sebagai salah satu daftar pada menu MPASI. Selain mengandung zat besi, bayam juga kaya akan vitamin A, kalsium, dan selenium. Anda bisa menjadikan bayam sebagai campuran pada nasi tim yang dihaluskan. Menjadi salah satu sayuran yang banyak mengandung pestisida, bayam organik bisa menjadi pilihan yang tepat.

Bayam
baca juga

Hati Ayam

Untuk memenuhi kebutuhan zat besi pada bayi Anda, hati ayam bisa menjadi pilihan. Hati ayam kaya akan kandungan zat besi dan mudah untuk diolah sebagai MPASI moms. Sekitar 100 gram hati ayam mengandung lebih dari 50% zat besi yang dibutuhkan tubuh selama satu hari. Selain itu, hati ayam juga mengandung  vitamin A, D,E,K,B12, dan folic acid. Jangan lupa variasikan menu mpasi setiap harinya moms, hindari memasak 1 jenis makanan yang sama setiap hari. Tentu semua makanan yang dikonsumsi secara berlebihan memiliki dampak negatif, termasuk hati ayam.

Hati Ayam

Telur

Mudah diolah telur bisa menjadi pilihan tepat untuk penuhi kebutuhan zat besi pada bayi Anda. Bukan hanya itu telur juga dapat memenuhi kebutuhan protein serta meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh dan melindungi jantung bayi.

Telur
baca juga

Kurma

Buah ini tak hanya baik untuk moms konsumsi saat hamil. Kurma baik pula untuk bayi. Buah ini juga dapat memenuhi kebtuhan zat besi anak. Sekitar 100 gram kurma mengandung sekitar 0,90 mg zat besi. Selain itu juga mengandung nutrisi lainnya seperti vitamin A, K, B9, B3, B6,B1, magnesium, zinc dan fosfor. Namun hindari untuk memberi kurma saat bayi memasuki fase pertama mengonsumsi MPASI ya moms.

Kurma

Ubi Jalar

Ubi jalar menyimpan sejuta manfaat untuk tubuh si kecil. Sekitar 100 gram ubi mengandung 30 mg zat besi. Teskturnya yang mudah dihancurka setelah dikukus, membuat moms mudah untuk menyiapkan makanan yang satu ini. Anda bisa mulai memberikan ubi jalar untuk bayi ketika usianya lebih dari 6 bulan. Saat bayi sudah cukup siap untuk mengkonsumsi makanan yang sedikit lebih padat.

Ubi Jalar

Resep MPASI Kaya Akan Zat Besi

Siapkan bahan-bahan berikut ini:

  • 2 sendok nasi putih
  • 3-4 lembar daun bayam
  • 100 ml air putih
  • Air susu ibu atau susu formula
Cara membuatnya:
  • Rebus air,kemudian masukan nasi putih
  • Masukan bayam, Aduk rata dan masak hingga bayam lunak
  • Tiriskan hingga uap panas hilang
  • Blender hingga halus
  • MPASI kaya akan zat besi siap disajikan.
Resep MPASI Kaya Akan Zat Besi