4 Cara Mengenalkan Pendidikan Agama Pada Anak Sejak usia Dini

Membaca Doa Sehari-Hari

Doa merupakan permohonan dan syukur seorang hamba yang dipanjatkan kepada Tuhannya. Maka mengajarkan doa sama artinya mengaplikasikan keberadaan Allah dalam kehidupan sehari-hari anak. Mulailah dengan kalimat sederhana seperti bacaan Basmalah. Lalu ajarkan doa secara lebih lengkap ketika anak sudah bisa mengikuti.

Mengajarkan doa pada anak sejak usia dini sangatlah efektif dan mudah karena daya tangkap memori anak sangat tinggi sehingga mudah untuk mengingat sesuatu. Dan dengan diajarkan membaca doa sehari-hari anak tidak hanya paham akan iman, namun juga bisa mempertajam kemampuan kognitif atau kemampuan otak anak.

4 Cara Mengenalkan Pendidikan Agama Pada Anak Sejak usia Dini

Mengajak Shalat

Shalat merupakan tiang agama, dan jika seseorang muslim melalaikannya niscaya agama ini tidak bisa tegak pada dirinya. Untuk itulah Moms, hendaknya orangtua mengajarkan dan mengajak shalat anak sebagaimana Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Suruhlah anak kalian shalat ketika berumur 7 tahun, dan kalau sudah berusia 10 tahun meninggal-kan shalat, maka pukullah ia. Dan pisahkanlah tempat tidurnya (antara anak laki-laki dan anak wanita).”

Nah, dengan konsisten memberikan contoh shalat di awal waktu maupun dengan berjama’ah di masjid, maka anak balita senang untuk mencontohnya. Lalu, bisa jadi kebiasaan yang berkelanjutan tanpa harus dipaksa. Selain itu, sering mengajak serta menanyakan kepada anak tentang menunaikan shalatnya juga bisa memberikan sugesti arti penting sholat bagi anak.

baca juga
4 Cara Mengenalkan Pendidikan Agama Pada Anak Sejak usia Dini

Mendengarkan Al-Quran

Sebagaimana pendapat Dr. Spock yang menyatakan jika keimanan dan kecintaan anak kepada Allah sama dengan apa yang mendasari kedua orangtuanya untuk beriman. Maka wajar bila ingin mengenalkan ajaran agama kepada anak usia dini harus ada teladan dari orangtua.

Dengan keteladanan yang dicontohkan oleh orang tuanya, misalnya berpuasa, sholat dan mendengarkan Al-Quran maka anak akan meniru dan menjadikanya pembelajaran. Maka jika ingin anak mengenal bahkan pandai hafal Al-Quran, cukup dengan orangtua yang memiliki kebiasaan mendengarkan Al-Quran, dan kemudian ditularkan pada anak baik secara langsung atau lewat audio musik. Mendengar si kecil yang menirukan bacaan Al-Quran meskipun ejaannya masih salah akan memberikan rasa bangga tersendiri bagi orang tua lho, Moms.

4 Cara Mengenalkan Pendidikan Agama Pada Anak Sejak usia Dini

Mengenalkan Kisah-Kisah Nabi

Mengenalkan kisah-kisah nabi, adalah cara mendidik yang paling tepat. Sebab, anak akan lebih mencintai serta dapat mencontoh keladanan nabinya. Bacakan buku-buku cerita nabi dan rasul atau perdengarkan video, anak juga dapat melakukan tanya jawab tentang kisah tersebut sehingga wawasannya akan agama Islam menjadi semakin luas.

Selain itu, melalui cerita seperti ini si kecil juga dapat melihat kebesaran Allah yang luar biasa. Dengan tumbuh dalam kisah nabi yang luar biasa dewasa kelak anak bisa jadi generasi islami yang tangguh dan senantiasa cinta nabi dan Allahnya.

Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk mengenalkan pendidikan Islam pada anak balita. Walau si kecil terkesan belum memahami dan masih asal-asalan melakukannya, namun semua ini akan memberikan dampak besar untuk pertumbuhan spiritual dan mentalnya seiring pertambahan usia. Iya kan Moms?