Bolehkah Ibu Hamil Makan Makanan Pedas? Cek Faktanya Yuk, Moms!

Fakta Makanan Pedas Bagi Ibu Hamil

Klaim tentang makanan pedas dapat memberikan efek pada kehamilan tidaklah memiliki dasar dalam penelitian ilmiah. Bahkan, banyak pakar kesehatan yang menyebutkan bahwa ibu hamil masih boleh mengkonsumsi makanan pedas. Tidak ada kaitan antara mengkonsumsi makanan pedas dengan perkembangan fisik dan kecerdasan janin di dalam kandungan. Mengkonsumsi makanan yang pedas selama kehamilan aman untuk janin yang sedang berkembang. Selain itu, makanan yang pedas tidak menyebabkan keguguran.
 
Namun, tentunya harus tetap diingat jumlah makanan pedas yang dikonsumsi sebaiknya tidak terlalu berlebihan. Jadi, meskipun diperbolehkan makan makanan yang pedas, sebaiknya ibu hamil hanya mengkonsumsinya sesekali saja dan tetap memperhatikan asupan makanan harian dengan gizi seimbang yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan sang ibu dan perkembangan janinnya.
 
Tambahan lagi, pakar kesehatan menyarankan kepada ibu hamil untuk tidak mengkonsumsi makanan pedas dalam bentuk camilan, misalnya seperti keripik pedas. Makan camilan seperti itu tentunya akan membuat frekuensi makannya bisa sangat sering terjadi. Ada baiknya bila sangat ingin makan makanan yang pedas, ibu hamil mengkonsumsi makanan utama.
 
Selain itu, perlu diingat pula Moms, bahwa setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda, begitu pula dengan ibu hamil. Bagi ibu hamil yang mungkin memiliki kecenderungan mengalami gejala seperti diare, mulas, dan sakit perut sebaiknya menghindari makanan pedas.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Makanan Pedas? Cek Faktanya Yuk, Moms!

Bahaya Makanan Pedas Bila Dikonsumsi Secara Berlebihan

Jika dimakan dalam jumlah kecil, tak akan ada efek dari mengkonsumsi makanan pedas. Hal ini berbeda bila makan makanan yang pedas dalam jumlah yang berlebih. Ibu hamil kemungkinan bisa merasakan beberapa efek berikut ini:

  • Morning sickness atau mual-mual di pagi hari hingga menyebabkan sakit.
  • Mengalami gangguan pencernaan dan sakit perut. Bagi ibu hamil yang memiliki sakit maag ada baiknya untuk tidak usah makan makanan yang pedas, sebab bila dalam keadaan hamil setelah mengkonsumsi makanan yang pedas membuatnya nyeri perut maka akan sangat tidak baik.
  • Dapat memicu terlepasnya hormone prostaglandin dengan jumlah tinggi yang akan memicu otot-otot halus menjadi kontraksi. Kondisi ini bisa membingungkan ibu hamil, terutamanya jika usia kandungannya sudah tua (masuk dalam trimester ketiga kehamilan) yang mengira akan segera melahirkan. Namun, sebenarnya ini hanyalah kontraksi palsu.

 
Jika Moms sebagai ibu hamil rentan terhadap masalah-masalah tersebut selama kehamilan, maka sebaiknya jangan mengonsumsi makanan pedas untuk menghindari ketidaknyamanan.