1. Pilih Bahan yang Dapat Menyerap Keringat

Usia anak adalah usia tumbuh kembang, sehingga umumnya mereka cenderung aktif bergerak sehingga mudah berkeringat. Karena itu, pilihlah baju muslim yang bahannya bertekstur lembut, adem, dan dapat menyerap keringat dengan baik. misalnya bahan katun, kaus, chiffon, ataupun sutra. Pakaian dengan bahan-bahan tersebut mencegah anak kegerahan saat aktif bermain tanpa mengurangi unsur estetika penampilannya. Selain itu, hindari membeli baju muslim anak dengan bahan-bahan yang terlalu berat atau yang mudah menyerap panas.

5 Tips Membeli Baju Muslim Anak, Pilih yang Nyaman dan Sesuai Karakter Si Kecil

2. Baju Muslim dengan Ukuran yang Tepat

Berbeda dengan orang dewasa, anak-anak memiliki pertumbuhan yang cepat sehingga ukurannya pun dapat berubah dengan cepat pula. Mengantisipasi ukuran cepat berubah tersebut, Moms sebaiknya bijak dalam memilih ukuran bajunya.

Pilihlah baju muslim yang memiliki ukuran sedikit longgar agar jika badannya bertambah besar, bajunya masih dapat awet terpakai. Hindari untuk memilih baju muslim dengan ukuran kecil atau terlalu pas badan, karena dapat membuat anak merasa sulit bergerak sehingga membuatnya kurang nyaman saat memakai bajunya.

5 Tips Membeli Baju Muslim Anak, Pilih yang Nyaman dan Sesuai Karakter Si Kecil

3. Memiliki Desain yang Simple

Trend model desain baju muslim saat ini sudah banyak ragamnya. Untuk anak, sebaiknya pilih model baju muslim yang simple dan sesuai dengan usianya. Jangan sampai si kecil terlihat jauh lebih tua dari usia yang sebenarnya hanya karena Moms memakaikannya baju muslim yang modelnya untuk orang dewasa. Selain itu, baju muslim dengan model yang simple tidak akan membuat anak merasa terganggu saat memakainya untuk beraktifitas seperti bermain atau kegiatan lainnya.

baca juga

4. Warna dan Motif yang Sesuai dengan Karakter Anak

Setiap anak tentunya memiliki sifat dan karakter yang berbeda. Untuk menambah rasa percaya dirinya, maka sebaiknya Moms memilihkan baju muslim yang mewakili kesukaan dan karakternya. Jika perlu, tanyakan pada anak mana yang disukai atau tidak.
 
Misalnya, jika si kecil ceria dan aktif, maka akan lebih nyaman dan bebas bergerak jika memakai baju muslim yang simple dengan bahan ringan dan berwarna terang tapi tidak terlalu mencolok. Sementara untuk motif bajunya, bisa dipilih motif yang mewakili sifat enerjik. Contohnya Motif pattern. Sedangkan, bila karakternya lebih kalem, kemungkinan akan lebih cocok mengenakan pakaian dengan warna yang lembut dan motif sederhana. Moms juga dapat memilih baju dengan motif gambar kartun kesukaan si kecil.

5 Tips Membeli Baju Muslim Anak, Pilih yang Nyaman dan Sesuai Karakter Si Kecil

5. Untuk Anak Perempuan, Pilih Jilbab dengan Bahan yang Tidak Licin

Jilbab yang licin tidak akan terasa nyaman bagi si kecil yang aktif dalam melakukan aktifitasnya. Maka dari itu, pilihlah jilbab dengan model simple dan bahannya tidak licin agar lebih mudah dipakai.
 
Itulah Moms tips memilih baju muslim yang nyaman untuk anak. Dalam memilih baju muslim anak juga harus disesuaikan dengan aktifitas dan kegiatannya. Seperti baju muslim yang ingin dipakai untuk berpergian, kegiatan agama, maupun untuk sehari-hari. Jangan lupa pula kenalkan pakaian syar’i sehingga bagi anak perempuan aman menutup aurat dan tidak memperlihatkan bentuk tubuh.
 
Kalau untuk masalah harga dari bajunya bisa menyesuaikan sesuai kapasitas masing-masing. Tentunya, baju muslim berkualitas yang bagus, harganya juga tidak akan murahan. Maka dari itu Moms, bijak-bijaklah dalam membeli baju muslim untuk anak. Semoga tipsnya bermanfaat!