Rambutan: Buah Kaya Nutrisi dan Antioksidan

Buah rambutan merupakan buah yang kaya akan beragam kandungan vitamin, mineral, dan senyawa bermanfaat. Dalam 100 gram buah rambutan, terkandung sekitar 1,3-2 gram total serat. Dengan kata lain, jumlahnya sama dengan yang ditemukan dalam apel, jeruk, atau pir dalam berat yang sama.

Kaya Antioksidan, Ini Dia Manfaat Rambutan Bagi Kesehatan
source: https://parade.com/

Selain itu, rambutan juga kaya akan vitamin C dan beragam nutrisi yang membantu tubuh menyerap zat besi lebih baik. Vitamin ini juga bertindak sebagai antioksidan di mana ia bekerja melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Makan 5-6 buah rambutan sudah dapat memenuhi 50% dari kebutuhan vitamin C harian. Ditambah lagi dengan kandungan tembaga yang berperan dalam pertumbuhan dan pemeliharaan berbagai sel, termasuk tulang, otak, dan jantung. Bahkan mengonsumsi 100 gram rambutan atau sekitar empat buah rambutan, Mommy dapat memenuhi 20% kebutuhan tembaga harian. Buah rambutan juga mengandung beberapa mineral, seperti mangan, fosfor, kalium, magnesium, besi dan seng. 


Meningkatkan Kerja Pencernaan Sehat

Rambutan berkontribusi dalam meningkatkan pencernaan yang sehat karena kandungan seratnya. Sekitar setengah dari serat yang terkandung dalam dagingnya merupakan tidak larut, yang berarti ia akan melewati usus tanpa tercerna. Serat tidak larut dapat membantu mempercepat transit usus, sehingga mencegah sembelit. Selain itu, kandungan serat larut lainnya berperan dalam menyediakan makanan untuk bakteri baik dalam usus. 

Kaya Antioksidan, Ini Dia Manfaat Rambutan Bagi Kesehatan
source: https://www.indiamart.com/
baca juga


Membantu Penurunan Berat Badan

Sama seperti kebanyakan buah lainnya, rambutan dapat mencegah penambahan berat badan dan mendorong penurunan berat badan secara perlahan mengingat kandungan kalorinya yang cukup rendah dengan serat yang cukup tinggi. Memakan rambutan dapat membantu Mommy untuk lebih kenyang lebih lama sehingga dapat mengurangi kemungkinan untuk makan berlebihan dan kenaikan berat badan.

Kaya Antioksidan, Ini Dia Manfaat Rambutan Bagi Kesehatan
source: https://www.organicfacts.net/


Membantu Melawan Infeksi

Buah rambutan dapat berkontribusi pada peningkatan sistem kekebalan yang lebih kuat. Buah rambutan sendiri kaya akan vitamin C yang dapat mendorong produksi sel darah putih yang dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi. Hal ini penting sebab terlalu sedikit asupan vitamin C dalam pola makan dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat seseorang lebih rentan terhadap infeksi.

Kaya Antioksidan, Ini Dia Manfaat Rambutan Bagi Kesehatan
source: https://www.amazon.com/
baca juga


Mencegah Penyakit Kronis

  • Rambutan dapat mengurangi risiko kanker: Beberapa studi menemukan bahwa senyawa dalam rambutan dapat membantu mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.
  • Rambutan dapat mencegah dari penyakit jantung: Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak yang terbuat dari kulit rambutan dapat bekerja mengurangi kadar kolesterol total dan trigliserida pada tikus yang mengalami diabetes.
  • Rambutan dapat mengatasi dari diabetes: Penelitian lain juga melaporkan bahwa ekstrak kulit rambutan dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi kadar gula darah puasa dan resistensi insulin.
Kaya Antioksidan, Ini Dia Manfaat Rambutan Bagi Kesehatan
source: https://naturallysavvy.com/


Nah, itulah beberapa fakta seputar gizi dan nutrisi dari rambutan. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Mommy tentang buah dan sayuran bergizi lainnya.