1. Makanan Pesawat Tidak Benar-Benar Segar

Makanan dalam penerbangan biasanya sudah dimasak dan disiapkan 10 jam sebelum waktunya dimakan. Bahkan, ada pula beberapa maskapai yang memasaknya hingga 72 jam sebelum penerbangan dan dibekukan agar awet. Tapi Mommy jangan khawatir, makanan yang dibekukan masih termasuk aman untuk dimakan dan mengikuti standar keamanan makanan itu sendiri. Namun, pastinya makanan tersebut sudah tidak lagi fresh.

Duh, Ini 5 Fakta Mencengangkan Tentang Menu Makanan di Pesawat
source: https://www.holidayextras.co.uk/


2. Makanan Dimasak Saat Masih Di Daratan 

Ya, mengingat makanan pesawat dimasak 10 hingga 72 jam sebelum penerbangan, tentu makanan pesawat harus dimasak saat masih di darat. Pesawat terbang sendiri memang tidak memiliki dapur yang layak untuk memasak demi alasan keamanan. Itulah sebabnya sebagian besar makanan disiapkan di darat sebelum penerbangan. Namun, penumpang akan mendapatkan makanannya dalam kondisi hangat karena dipanaskan kembali saat di atas pesawat. 

Duh, Ini 5 Fakta Mencengangkan Tentang Menu Makanan di Pesawat
source: http://www.refinedtravellers.com/
baca juga


3. Delay Penerbangan Dapat Menyebabkan Makanan Terbuang

Delay atau penundaan penerbangan memang terkadang sulit untuk diatasi. Sayangnya, kondisi ini tidak hanya berpengaruh para ketidaknyamanan penumpang dan beratnya kerja dari para crew, tetapi juga masalah pada makanan yang terpaksa dibuang. Pasalnya, makanan yang sudah disiapkan untuk penerbangan akan rusak jika dibiarkan lebih dari 6 jam. Itu sebabnya, delay yang lebih dari 6 jam akan membuat makanan tersebut dibuang dan diganti dengan yang baru. 

Duh, Ini 5 Fakta Mencengangkan Tentang Menu Makanan di Pesawat
source: https://www.businessinsider.com/


4. Makanan Sisa Penerbangan Menyumbang Jutaan Ton Sampah Tiap Tahun

Menurut Asosiasi Transportasi Udara Internasional, penerbangan menghasilkan total 5,7 juta ton sampah pada tahun 2017. Angka ini juga mencakup beragam sampa dari sisa fasilitas seperti sikat gigi, majalah dan masih banyak lagi. Ditambah lagi dari limbah toilet dan limbah makanan sisa yang tidak termakan.

Duh, Ini 5 Fakta Mencengangkan Tentang Menu Makanan di Pesawat
source: https://www.kasco.com.kw/
baca juga


5. Tidak Ada Microwave Dalam Pesawat

Meskipun makanan di pesawat terasa seperti makanan yang bisa dipanaskan dengan microwave, para penumpang tidak akan menemukan microwave dalam dapur pesawat. Itu disebabkan karena mirowave dan oven konvensional dilarang dalam pesawat karena alasan keamanan. Untuk itu, digunakanlah oven konveksi udara kering sebagai alat untuk memanaskan kembali makanan. Sayangnya, pemanas ini tidak sempurna karena cenderung mengeringkan makanan.

Duh, Ini 5 Fakta Mencengangkan Tentang Menu Makanan di Pesawat
source: https://www.tripsavvy.com/


Itulah beberapa fakta seputar makanan pesawat yang biasa disajikan pada penumpang dalam perjalanan di udara.