1. Saat Warna Botol Sudah Pudar

Botol susu merupakan wadah yang harus tetap steril karena digunakan sebagai wadah susu yang setiap hari dugunakan oleh bayi. Jika warna botol bayi sudah terlihat pudar dan kecokelatan, maka moms wajib untuk segera menggantinya.
 

source: http://tribunnews.com



 

2. Terdapat Garis-garis Pada Botol

Kandungan dalam susu yakni kaya akan protein dan lemak dimana dua kandungan tersebut sangat disukai oleh kuman. Nah, jika botol bayi sudah terlalu banyak noda dan garis-garis bekas noda susu yang menempel segeralah ganti dengan yang baru. 
 

source: http://www.womenfitness.net



 

baca juga

3. Botol Sudah Retak atau Pecah

Meski masih bisa digunakan, botol yang sudah pecah atau retak sebaiknya moms buru-buru untuk menggantinya. Botol yang rusak atau pecah berisiko melukai bibir atau tangan si bayi dimana akan berakibat fatal nantinya. Sebaiknya jangan menunda mengganti boto bayi hanya karena botol masih belum rusak. 
 

source: http://healthland.time.com



 

4. Setelah Pemakaian 4-6  bulan

Penggunaan botol bayi yang dipakai intens setiap hari sebaiknya diganti setelah 4-6 bulan pemakaian. Sebaga wadah susu yang mengandung lemak dan protein tinggi, tentunya botol bayi tempat yang disukai oleh kuman. Oleh sebab itu penggunaan botol bayi terlalu lama sangat tidak dianjurkan. 
 

source: https://www.9monate.de