Membangun Ikatan berdasarkan Usia

Memiliki ikatan yang kuat dengan si kecil bisa dilakukan dengan proses keterbukaan. Maka, hal yang paling penting dalam kegiatan bonding ini yaitu komunikasi. Dengan menjalin komunikasi yang baik, maka anak akan selalu terbuka dalam hal apapun kepada orangtuanya. Dari komunikasi pula, orangtua juga bisa memberikan batasan-batasan terhadap si kecil. Ada beberapa cara membangun ikatan dengan si kecil berdasarkan usia. Hal ini diungkapan oleh psikolog klinis Forrest Talley dan terapis anak dan remaja Lauren Mosback.

Membangun Ikatan berdasarkan Usia
source: https://sleepingshouldbeeasy.com/wp-content/uploads/2018/02/baby-only-wants-mom.png

Pra Sekolah

Pada usia ini, segala sesuatu yang dilakukan oleh si kecil merupakan hal yang baru dan menurut mereka semua itu hal yang menyenangkan. Walaupun terkadang, untuk para orangtua itu adalah hal biasa yang sangat membosankan.

Untuk membangun bonding dengan si kecil pada usia ini, lakukan hal apapun yang disenangi si kecil bersama-sama. Misalnya, si kecil senang bermain diluar, bermain di kamar mandi, menggambar, dan lain-lain. Luangkan waktu untuk terus memberikan rasa kagum kepada si kecil.

Membangun Ikatan berdasarkan Usia
source: https://videohive.img.customer.envatousercontent.com/files/d5719a9f-d73e-4b50-9fea-7199f1b84656/inline_image_preview.jpg?auto=compress%2Cformat&fit=crop&crop=top&max-h=8000&max-w=590&s=a835e7f4cf3225ac6411c693574069d2
baca juga

Taman Kanak-kanak sampai Kelas 3 Sekolah Dasar

Pada saat anak sudah memasuki dunia sekolah, mereka akan berkembang lebih jauh lagi. Fungsi kognitifnya mulai berkembang dan banyak hal baru yang mereka kerjakan. Pada fase ini, sebaiknya orangtua terus mendukung dan mendampingi aktifitas yang dilakukan oleh si kecil karena mereka sedang mengeksplor hal-hal yang baru. Kegiatan membaca bersama pada usia ini juga dapat membantu mempererat ikatan orangtua dengan si kecil.

Membangun Ikatan berdasarkan Usia
source: https://naptimeacademy.com/wp-content/uploads/2016/10/parent-involvement-in-preschool.-Naptime-Academy.jpg

Kelas 4 - 6 Sekolah Dasar

Pada usia ini, biasanya si kecil sudah mulai memiliki aktifitas yang mereka sukai atau sudah mulai memiliki hobi dan ketertarikan pada suatu bidang. Moms bisa ajak mereka ke tempat yang mendukung hobi mereka. Misalnya si kecil menyukai seni lukis, Moms bisa membawanya ke pameran lukisan seni, atau jika si kecil suka bermain bola, Moms bisa membawanya ke lapangan bola, dan sebagainya. Pada usia ini pula Moms bisa mulai mengajak si kecil membicarakan tantangan-tantangan apa yang akan ia hadapi saat memasuki sekolah menengah pertama nanti.

Membangun Ikatan berdasarkan Usia
source: https://d2v9y0dukr6mq2.cloudfront.net/video/thumbnail/BLOmnPQpWj8vjeh8v/videoblocks-close-up-mother-with-little-daughter-painting-paper-together-smiling-kid-family-hobby-baby-design-love-person-girl-house-coloring-mom-play-art-paintbrush-childhood-happy-home-table-artist-closeup-talk_b0exfrjkm_thumbnail-full01.png
baca juga

Sekolah Menengah Pertama

Anak usia sekolah menengah pertama sedang mengalami perubahan hormon yang besar. Oleh karena itu, mereka sudah mulai memiliki ego untuk menentukan apa yang akan mereka lakukan. Moms harus terus memantau apa saja yang mereka kerjakan, tentunya harus dalam batasan yang baik. Ketika si kecil sudah mulai memiliki aktifitas sendiri, otomatis waktu kebersamaan dengan keluarga akan mulai berkurang. Tetap luangkan waktu setiap harinya untuk tetap menjalin komunikasi dengan si kecil.

Membangun Ikatan berdasarkan Usia
source: https://www.familyeducation.com/sites/default/files/collection-item/mother_teen_daughter_sex_talk.jpg

Sekolah Menengah Atas

Anak pada usia sekolah menengah atas ini akan lebih memilih menghabiskan waktu bersama teman-temannya dibandingkan dengan keluarga. Tapi dalam kondisi tersebut, orangtua tidak boleh kehilangan kendali terhadap anak. Teruslah pantau apa yang mereka kerjakan dan tetap jaga komunikasi dengan baik. Ajaklah si kecil berbicara setiap hari tentang apa yang mereka kerjakan di sekolah, apa yang mereka pelajari, dan hal hal yang berkaitan dengan hubungan sosialnya. Luangkan waktu bersama keluarga, minimal pada saat weekend.

Membangun Ikatan berdasarkan Usia
source: http://media1.s-nbcnews.com/i/streams/2013/August/130806/6C8530988-tdy-130806-teen-mom-talk.jpg

Demikian beberapa tips agar bisa selalu dekat dengan si kecil. Selamat mencoba Moms!