Seperti diketahui saat hamil moms membutuhkan nutrisi tinggi guna mendukung tumbuh kembang janin dalam kandungan. Salah satu yang kerap moms jumpai pada menu sehari-hari adalah hati ayam. Memiliki kandungan zat besi tentu moms tak ragu untuk mengkonsumsinya sehari-hari. Apalagi hati ayam juga mengandung vitamin B, asam folat yang dapat mencegah cacat lahir pada bayi. Vitamin A yang baik untuk mata moms, dan perkembangan mata bayi, serta protein yang menjadi sumber energi ibu hamil. Kandungan lainnya adalah amino acid, lemak dan kolesterol. Namun apakah semua nutrisi ini akan berdampak baik untuk Anda, saat mengkonsumsi hati ayam moms? Simak penjelasannya berikut ini!

Risiko Konsumsi Hati Ayam

Saat moms hamil, perlu hati-hati dalam mengkonsumsi hati ayam. Mengandung vitamin A yang cukup besar dengan bentuk retinol, hati ayam beri dampak buruk. Terutama jika moms mengkonsumsinya secara berlebihan. Hati ayam mengandunga 3 sampai 12 kali lipat lebih banyak vitamin A, dari yang dibutuhkan pada harian Anda. Oleh sebab itu, mengkonsumsinya sering dan berjumlah banyak menyebabkan cacat lahir pada bayi.  Hindari mengkonsumsi hati ayam terutama pada trimester awal. Mengandung kolesterol tinggi, ibu hamil yang menderita hipertensi dan hiperkolesterol tentu wajib menghindari makanan satu ini. Konsumsi hati ayam juga menyebabkan sel kanker berkembang pada tubuh moms.

Risiko Konsumsi Hati Ayam
baca juga

Porsi yang Pas Dalam Mengkonsumsi Hati Ayam

Penyebab risiko buruk pada hati ayam adalah vitamin A di dalamnya. Untuk itu kenali kebutuhan vitamin A harian Anda.  Berdasarkan rekomendasi WHO wanita hamil yang berusia mulai 19 tahun dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin A sebanyak 770 mikrogram. Sementara 100 gram hati mengandung vitamin A yang berupa retinol sebanyak 14.000 mikrogram. Untuk lebih amannya moms, bisa menghindari konsumsi hati ayam. Sebagai gantinya penuhi kebutuhan vitamin A harian Anda dari bahan makanan lainnya, seperti buah dan sayuran. Moms pun bisa mendapatkannya dengan mengkonsumsi jeruk, mangga, tomat, wortel, brokoli dan sayuran hijau lainnya.

Porsi yang Pas Dalam Mengkonsumsi Hati Ayam