Permainan anak yang mendidik
Sebagai orang tua yang memiliki anak usia SD perlu untuk mencari dan mengenalkan permainan edukatif dan mendidik bagi si kecil. Agar di waktu luangnya, si kecil tidak terpaku hanya bermain gadget saja. 

5 Permainan Mendidik Untuk Anak SD, Nomor 4 Seru Banget Nih, Moms!
source: https://www.merries.co.id/toddler/saat-anak-ajak-teman-main-di-rumah

Permainan edukatif selain mengasah otak si kecil untuk berpikir kreatif, juga dapat mengembangkan syaraf motoriknya yang masih terus berkembang. Lalu seperti apakah permainan yang mendidik itu? Scroll terus ke bawah ya Moms!

1. Puzzle
Puzzle termasuk permainan yang cukup digemari banyak orang. Hingga kini, permainan sederhana ini masih cocok bila dimainkan oleh anak-anak sekolah dasar. Ketika bermain puzzle, si kecil akan berusaha memecahkan susunan puzzle hingga membentuk pola yang sesuai. 

Permainan puzzle dengan berbagai varian ukuran dan bentuk dapat memberikan segudang manfaat positif untuk anak-anak, mulai dari: 

  • Meningkatkan daya ingat
  • Melatih tingkat kesabaran
  • Mengembangkan keterampilan motorik
  • Mengembangkan koordinasi mata dan tangan
  • Belajar dalam memecahkan masalah dengan memusatkan daya konsentrasi. 

Permainan puzzle untuk anak-anak SD juga bisa meningkatkan tingkat sosialisasi serta membantu perkembangannya ke arah yang lebih positif. 

5 Permainan Mendidik Untuk Anak SD, Nomor 4 Seru Banget Nih, Moms!
source: https://m.klikdokter.com/amp/3289521/manfaat-bermain-puzzle-untuk-anak

2. Lego
Moms yang anaknya gemar bermain lego mana suaranya? Kabar baiknya perminan lego sangat baik diberikan kepada anak SD karena dapat mengasah kemampuan otaknya lebih terlatih, sehingga tanpa disadari dapat membentuk sebuah karya baru dari pecahan salah satu lego. 

Selain itu, permainan lego dapat memberikan manfaat positif seperti: 

  • Meningkatkan kreativitas, imajinasi serta kemampuan dalam memecahkan masalah
  • Meningkatkan kemampuan untuk saling bersosialisasi dan kerja sama dalam menyusun lego
  • Melatih koordinasi mata hingga tangan dalam keahlian motorik. 

Permainan lego saat ini dijual dengan bentuk yang bervariasi, mulai dari mega blocks sampai mini blocks. Jadi tak ada salahnya Moms membelikan lego untuk si kecil ya.

baca juga

3. Catur
Tak hanya digemari orang dewasa saja, tak jarang anak-anak SD sudah mahir bermain catur. Seringnya melihat Dads bermain catur memicu si kecil merasa penasaran dan ingin mempelajarinya.  

Situasi inilah yang mulai membuat si kecil merasa tertarik untuk mendalaminya, sehingga sangat berguna untuk prestasi di masa depan. Saat bermain catur, pemain seolah tidak boleh terlalu manja dalam berpikir. Pemain harus berusaha mampu berpikir secara kritis karena dapat membantu si kecil menganalisis tindakan lawan, menyusun strategi hingga konsekuensi yang perlu diambil dalam setiap langkah saat bermain catur. 

Selain itu, bila permainan catur digemari oleh anak-anak SD secara tidak langsung mampu memberikan beberapa manfaat positif antara lain: 

  • Kedisiplinan 
  • Mengasah otak 
  • Mampu mempertajam memori
  • Mengajarkan mengenai sebuah proses
  • Melatih diri dalam mengendalikan emosi

Bila si kecil sudah begitu mahir bermain catur, cobalah untuk mengikutsertakan dirinya untuk ikut dalam turnamen catur. 

5 Permainan Mendidik Untuk Anak SD, Nomor 4 Seru Banget Nih, Moms!
source: http://www.kesekolah.com/artikel-dan-berita/pendidikan/kenapa-anak-anak-harus-main-catur.html

4. Permainan mencari harta karun
Permainan yang satu ini seru dan pastinya cukup menarik perhatian untuk anak-anak SD. Ketika bermain, anak-anak akan dikumpulkan dalam sebuah kelompok tertentu. Setiap kelompok perlu mengandalkan kerjasama yang baik agar bisa menemukan harta karun tersembunyi. 

Selain meningkatkan sosialisasi dan kerjasama tim, permainan harta karun dapat merangsang gerak motorik anak-anak. Jika ada sebuah kelompok yang berhasil menemukan harta karun tersembunyi, tidak ada salahnya untuk memberikan hadiah atau sebuah penghargaan karena sudah berhasil menyelesaikan misi ini dengan baik.   

5. Bermain peran profesi
Apakah cita-cita si kecil menjadi dokter, polisi, pramugari atau pilot? Nah, melalui permainan yang satu ini Moms bisa mengasah minat si kecil ingin melakukan profesi apa untuk mewujudkan cita-citanya.

Bermain peran ini seolah membuat anak-anak akan mengikuti gaya dan pekerjaan dari profesi tertentu seperti dokter, guru, polisi, koki dan sebagainya. Sebelum bermain, si kecil perlu membayangkan profesi apa yang diinginkannya nanti di masa depan. 

5 Permainan Mendidik Untuk Anak SD, Nomor 4 Seru Banget Nih, Moms!
source: https://www.popmama.com/amp/kid/4-5-years-old/fx-dimas-prasetyo/manfaat-positif-dari-anak-bermain-peran

Anak-anak juga perlu melakukan pengamatan terhadap orang dewasa agar memudahkan mereka mengikuti segala gaya dan pekerjaan dari profesi yang telah dipilihnya. Hal ini membantu dirinya dalam memahami beragam profesi yang bisa dijadikan pekerjaan kelak. 

Meskipun terkesan sederhana, permainan yang satu ini mampu mengajarkan anak-anak sikap sosialisasi terhadap lingkungan dan teman bermainnya. Si kecil juga dituntun untuk menjadi kreatif dengan menggunakan berbagai barang-barang di sekitarnya agar bisa totalitas ketika bermain. 

Nah, Bagaimana Moms? Sudah tentukan permainan mendidik apa yang akan dimainkan bersama si kecil?