Gaya Hidup Sehat
Gaya hidup sehat merupakan salah satu langkah awal untuk menangani emosi saat PMS. Sering melakukan olahraga misalnya bukan hanya akan menjadikan badan sehat tapi juga mood akan lebih stabil. Tidak begadang dan bangun pagi juga bisa jadi gaya hidup sehat yang menjadikan perasaan lebih tenang saat menjalani hari bahkan walau saat kondisi PMS juga ya  Moms.

Sering Mood Swing Saat PMS? Coba Kendalikan Emosi dengan Tips Ini!

Meditasi
Stres bisa saja terjadi saat Moms mengalami PMS. Maka dari itu penting untuk mencoba teknik-teknik relaksasi seperti meditasi, bernapas dalam, dan yoga untuk membantu mengendalikan emosi saat PMS agar tidak semakin menjadi. Meditasi saat baik untu keseharan tubuh. Selain itu rajin meditasi juga memberi kedamaian pikiran dalam beraktifitas sehari-hari sehingga Moms bisa lebih rileks dan tidak mudah terpancing untuk marah.
 
Minum banyak cairan
Minum banyak cairan, seperti air atau jus buah sangat baik untuk mengendalikan emosi saat PMS. Namun, walau konsumsi banyak cairan baik tapi sebaiknya indari minum soda, alkohol, ataupun kafein sebab akan menimbulkan kembung, retensi dan gejala lainnya.

Sering ngemil
Saat PMS sangat dianjurkan untuk sering. Camilan yang dimaksud disini bukan junk food ya Moms tapi makanan sehat seperti buah-buahan. Camilan buah dipilih karena kaya serat yang dapat mencegah masalah pencernaan yang seringkali muncul saat datang bulan. Hal itu diungkapkan oleh dokter keluarga, Jennifer Caudle, D.O.

Dan sebisa mungkin batasi asupan garam dan gula sebab menurut Dr Caudle, hal itu akan memicu kembung dan membuat menstruasi jadi lebih buruk. Penting juga untuk mengkonsumsi suplemen vitamin B6, kalsium, dan magnesium. Bahkan Edwina Clark, kepala divisi nutrisi dan kesehatan di Yummly, juga menyarankan mengonsumsi selai kacang, yoghurt dengan granola, buah kering, dan kacang-kacangan saat PMS karena baik untuk tubuh.

Sering Mood Swing Saat PMS? Coba Kendalikan Emosi dengan Tips Ini!

Lakukan 'Me Time'
Psikolog Ayoe Sutomo, M.Psi menjelaskan jika pada dasarnya manusia butuh waktu buat sendiri. Sebab manusia butuh menyenangkan diri sendiri tanpa harus melibatkan orang lain. Jadi saat Moms mengalami mood swing saat PMS lakukan 'me time' untuk merilekkan badan. Pergi kesalon atau sekedar melakukan hobi saat PMS akan membuat emosi lebih stabil dan Moms terhindar dari stress saat PMS datang.

Begitulah Moms tips penting untuk mengendalikan emosi saat PMS, karena walau tidak membahayakan namun kondisi emosi yang tidak stabil juga akan membuat orang di sekitar Moms menjadi tidak nyaman atau bahkan menjadi kesal. Semoga info ini bermanfaat dan selamat mencoba ya Moms.