Namun meski sedang viral hampir di seluruh dunia, ternyata #AgeChallenge menyimpan bahaya yang tersembunyi. FaceApp yang merupakan aplikasi pembuatnya bisa menyebarkan, menyimpan, bahkan menjual foto pengguna untuk tujuan komersial meski foto tersebut telah dihapus. Ini artinya data pribadi moms tidak terlindungi dengan baik. Kok bisa? Yuk, simak penjelasan berikut!

Resiko memakai aplikasi FaceApp

Dikutip dari New York Post, James Whatley, ahli digital dari Inggris mengungkapkan saat pengguna menggunakan dan menyetujui akses yang diminta, itu berarti aplikasi ini dapat mengunggah konten secara background, tanpa diketahui oleh penggunanya. 

Dibalik Viralnya #AgeChallenge Ternyata Tersimpan Risiko Berbahaya!
source: https://play.google.com

Menurut Damar, Executive Director SAFEnet FaceApp bukan hanya soal bagaimana aplikasi ini mampu menunjukkan pada pemakainya tentang wajah mereka saat tua nanti. Melainkan melalui face recognation aplikasi ini mampu membaca biometrik wajah dan memberi gambaran masa depan yang menyesuaikan dengan wajah masa kini. 

Bukan cuma itu, pembuat apps pasti akan menyimpan data-data dalam repository-nya. Karena saat mengaktifkan apps ini biasanya moms akan diminta akses data kontak telepon, galeri foto, dokumen, dan lain-lain dimana informasi pribadi lain akan ikut tersimpan dalam repository tersebut. Jadi apapun yang disimpan dalam smartphone moms kemungkinan besar bisa diakses si pembuat aplikasi. 

Dibalik Viralnya #AgeChallenge Ternyata Tersimpan Risiko Berbahaya!
source: https://www.instagram.com/audyitem

Dan apabila data pribadi tersebut dimiliki oleh orang lain yang belum jelas mereka ini siapa tentu akan beresiko. Ini ibarat moms membiarkan rumah terbuka tanpa dijaga. Sehingga orang asing bebas keluar masuk sesuka hati. Sebetulnya hal ini bukan terjadi hanya pada FaceApp #AgeChallenge saja kok, moms tetapi juga pada aplikasi lain sejenis atau kuis-kuis yang ada di facebook dan juga website online. 

baca juga

Cara menghindari bahaya aplikasi di smartphone

Salah satu cara untuk menghindari bahaya yang disebutkan di atas, ada baiknya saat moms akan menggunakan FaceApp untuk #AgeChallenge jangan melakukan “login”. Sehingga pihak pembuat aplikasi nantinya nggak bakal bisa mengakses data pribadi milik moms. 

Dibalik Viralnya #AgeChallenge Ternyata Tersimpan Risiko Berbahaya!
source: https://www.instagram.com/achasinaga

Saat menggunakan aplikasi selain FaceApp jangan sampai moms mengijinkan akses ke hal-hal yang sifatnya pribadi dan rahasia yang ada di smartphone, cukup berikan akses hanya untuk kepentingan aplikasi tersebut.

Dikutip dari Business Insider, dalam pernyataan kebijakan yang dituliskan oleh FaceApp, mereka menjamin tidak akan menjual data para penggunanya kepada pihak ketiga. Pihak FaceApp juga mengatakan jika foto-foto yang diunggah oleh pengguna biasanya akan dihapus dalam kurun waktu 2 hari. 

Dibalik Viralnya #AgeChallenge Ternyata Tersimpan Risiko Berbahaya!
source: https://www.instagram.com/inijedar

Jadi, kedepannya moms jangan mudah ikutan tantangan atau game yang sedang viral ya! Kalau mau ikut saat instal aplikasi pastikan untuk membaca lebih teliti Terms and Condition yang diberikan.