Menjaga Kebersihan Ruang Belajar

Kunci utama nyaman belajar adalah ruangan belajar yang bersih. Karenanya menjaga kebersihan ruang belajar harus dilakukan. Membersihkan ruang belajar sebelum dan sesudah anak belajar sebaiknya dilakukan agar anak fokus dalam menyerap setiap pelajaran. Selain itu, sediakan tempat sampah agar kebersihannya lebih terjaga.

Moms juga harus melatih anak untuk selalu menjaga ruangan agar tertata rapi dan pasti kertas-kertas berantakan hingga ke ruangan lain. Untuk hal semacam ini Moms bisa jadi tidak dapat menghindari sepenuhnya, tetapi dapat membantu anak-anak menerapkan sistem reward jika si kecil dapat melakukannya.

4 Hal yang Harus Diperhatikan Untuk Membuat Anak Nyaman Belajar di Rumah

Pencahayaan yang Optimal

Pencahayan yang optimal buka hanya dapat menjaga kesehatan mata anak, namun juga pada ruang baca. Hal ini sangat baik untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus selama belajar lho Moms. Bila pencahayaan yang diberikan minim, tentu menyebabkan kantuk atau bahkan berakibat buruk pada kesehatan mata.

Untuk ruang belajar disarankan menggunakan general lighting atau lampu yang biasa dipasang di plafon ruang dengan kekuatan sekitar 300 lux. Sementara untuk lampu baca, gunakan kekuatan 160 lux yang fokus pada buku.

Pilihlah juga lampu dengan elektronik ballast yang dapat menghasilkan gelombang dengan frekuensi tinggi agar tidak membuat mata cepat lelah, walaupun lama bekerja dengan pencahayaan lampu tersebut. Lagi pula, dengan lampu terang maka mood belajar anak akan meningkat juga.

Jauhkan dari Alat Elektronik

Gadget, televisi, video game atau sejenisnya memang godaan terbesar anak saat belajar. Oleh sebab itu Moms, sebaiknya saat anak belajar, jauhkan dari alat elektronik. Benda-benda tersebut hanya akan mengganggu anak saat belajar. Bukannya fokus dengan buku, anak justru akan teralih perhatiannya kepada barang-barang tersebut. Belajar di rumah memang bisa dilakukan dengan santai ya Moms tapi tetap harus ada aturan tegas sehingga belajar lebih kondusif.

4 Hal yang Harus Diperhatikan Untuk Membuat Anak Nyaman Belajar di Rumah

Alat dan Bahan Belajar

Mempersiapkan terlebih dulu segala keperluan belajar hendaknya harus dilakukan sebelum mulai belajar. Alat dan bahan belajar misalnya pena, rol dan buku pelajaran harus sudah siap agar anak tidak perlu mencarinya. Bila sedang mulai belajar, anak masih diminta untuk mencari-cari alat belajar maka akibatnya konsentrasi terpecah. Oh ya Moms menyiapkan camilan belajar juga bisa lho dilakukan karena mengunyah dapat menjaga anak tetap fokus dan tidak cepat mengantuk

Itulah beberapa tips agar anak nyaman belajar di rumah Moms. Dan karena belajar adalah proses maka penting adanya pemberian dukungan pada pencapaiannya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya.