Bagaimana Membuat Anak Berprestasi di Sekolah?

Agar anak bisa sukses di sekolah, Moms perlu memperhatikan pola kegiatannya di rumah. Berikan waktu khusus untuk anak mengulang pelajarannya di sekolah serta mengerjakan pekerjaan rumah. Saat mengerjakan pekerjaan rumah, anak dapat belajar mengenai kedisiplinan, bagaimana memecahkan masalah, dan manajeman waktu. Jangan lupa memberikan sarapan bergizi setiap harinya ya Moms untuk menunjang kinerja otak si kecil agar bisa berprestasi di sekolah. Selain itu, terapkan pola tidur yang baik di siang dan malam hari.

Anak Baru Mulai Masuk Sekolah, Apa yang Harus Moms Perhatikan?
source: https://www.lexingtonfamily.com/wp-content/uploads/2015/06/Kindergarten_Kids.jpg

Bagaimana Membantu Anak Berteman?

Memasuki lingkungan sekolah berarti anak akan mulai bersosialisasi dengan orang baru selain anggota keluarga di rumah. Di sekolah, mereka akan menemui teman-teman sebayanya, juga guru dan staf sekolah. Terkadang, untuk bersosialisasi dengan lingkungan yang baru, anak membutuhkan pendampingan yang lebih dari orangtua. Moms bisa membantu si kecil mencari teman yang memiliki hobi dan minat yang sama. Selain itu, kenali orangtua teman-teman anak untuk tetap menjaga mereka dalam lingkungan yang baik.

Anak Baru Mulai Masuk Sekolah, Apa yang Harus Moms Perhatikan?
source: https://images.theconversation.com/files/179085/original/file-20170720-23983-i8sb40.jpg?ixlib=rb-1.1.0&q=45&auto=format&w=496&fit=clip
baca juga

Bagaimana Melindungi Anak dari Tindakan Bullying?

Bullying atau tindakan intimidasi sudah sering terjadi dimana-mana, termasuk di sekolah. Jika seseorang menjadi korban bullying, biasanya bukan hanya fisiknya saja yang terganggu, melainkan mentalnya juga bisa mengalami gangguan. Moms harus memperhatikan anak di sekolah agar terhindar dari tindakan bullying yang dilakukan oleh lingkungan sekitar. Cara agar anak terhindar dari bullying yaitu dengan mengarahkannya untuk tetap diam apabila mengalaminya, maka pelaku biasanya akan berhenti melakukan bullying. Selain itu, selalu awasi lingkugan pertemanannya, anak harus berada di lingkungan pertemanan yang positif. Terakhir, selalu biasakan anak bercerita tentang apa saja yang ia lakukan di sekolah.

Anak Baru Mulai Masuk Sekolah, Apa yang Harus Moms Perhatikan?
source: https://libertyworks.org.au/wp-content/uploads/2017/12/45752EAE00000578-0-image-a-2_1508334585470.jpg

Kegiatan Apa Saja yang Harus Dilakukan di Luar Sekolah?

Selain kegiatan belajar di sekolah dan di rumah, anak juga bisa mengembangkan bakatnya dengan mengikuti kegiatan diluar sekolah. Moms harus mengenali minat dan bakat anak sejak dini. Setelah mengetahui apa minat dan bakatnya, Moms bisa mengikutsertakan anak di kegiatan diluar sekolah seperti les menari, les piano, les bola, les matematika, dan lainnya. Dengan begitu, minat anak dapat tersalurkan dengan baik dan nantinya bisa menambah teman serta pengalaman si kecil diluar kegiatan sekolah.

Anak Baru Mulai Masuk Sekolah, Apa yang Harus Moms Perhatikan?
source: http://www.turnerskeyboards.com/wp-content/uploads/2016/12/Fotolia_9320506_Subscription_Monthly_M.jpg

Demikian beberapa yang harus Moms perhatikan ketika anak mulai masuk sekolah. Semoga bermanfaat Moms!