Jus Buah VS Buah Utuh

Banyak orang berpikir untuk membeli jus karena sehat dan menyegarkan untuk diminum. Sayangnya, ternyata banyak fakta menunjukkan bahwa memakan buah utuh berdampak lebih baik bagi kesehatan jika dibandingkan dengan buah utuh. 

1. Buah-buahan lebih kaya serat
Pahamilah bahwa buah memiliki kandungan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Serat-serat ini bekerja untuk meningkatkan kesehatan usus dan akan hilang saat diblender. Dengan kata lain, buah utuh akan lebih bermanfaat dengan kandungan seratnya yang optimal jika dibandingkan dengan jus.

Lebih Baik Mana, Buah Utuh atau Buah Jus?
source: https://www.consumerreports.org/

2. Gula tambahan pada jus membahayakan kesehatan
Mommy pasti tahu bahwa gula memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Itulah sebabnya jus buah yang biasa dijual dipasaran dengan tambahan gula akan memberikan dampak tidak sehat bagi tubuhmu. Apalagi mengingat buah-buahan sudah memiliki kandungan gula alami (fruktosa). Kalaupun Mommy ingin membuat jus, pastikan tidak menggunakan gula tambahan sama sekali sehingga asupan nutrisinya tetap terjaga baik.

Lebih Baik Mana, Buah Utuh atau Buah Jus?
source: https://fitnea.com/
baca juga

3. Buah-buahan ketika dimakan sebagai makanan ringan dapat mengurangi rasa lapar
Jika dimakan dalam bentuk buah utuh, buah sebenarnya dapat memberikan kalori yang cukup  untuk seseorang melakukan pekerjaan sehari-hari. Memakan buah utuh juga dapat membuat kenyang lebih lama karena kandungan serat di dalamnya. Jadi, untuk Mommy yang sedang diet, hindari jus dan makanlah buah utuh.

Lebih Baik Mana, Buah Utuh atau Buah Jus?
source: https://www.stack.com/

4. Serat buah membantu mengurangi indeks glikemik
Indeks Glikemik adalah sebuah standar ukuran yang digunakan untuk mengindikasikan kecepatan asupan karbohidrat yang terkandung dalam makanan dapat diproses menjadi gula oleh tubuh manusia. Nah, asupan buah dapat mengendalikannya agar makanan lain dapat dicerna dengan lebih baik. Ini juga dapat menjadi indikasi bahwa buah dapat membantu diet agar cepat berhasil.

Lebih Baik Mana, Buah Utuh atau Buah Jus?
source: https://www.vitamix.com/
baca juga

5. Panas dalam blender dapat menghilangkan nutrisi dalam buah
Saat seseorang sedang menyiapkan jus, panas dari mesin blender dan putaran pisaunya dapat mendenaturasi nutrisi dalam buah-buahan. Itulah sebabnya, penting bagi Mommy untuk mempertimbangkan lebih matang apakah benar-benar harus membuat jus buah mengingat nutrisi yang terkandung dalam buah dapat berkurang drastis karena diblender.

Lebih Baik Mana, Buah Utuh atau Buah Jus?
source: https://www.harvard.edu/


Itulah beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat akan mengonsumsi buah dan jus di rumah. Kesimpulannya, ada beberapa urutan asupan dengan makan dasar buah berdasarkan yang paling sehat, yaitu (1) buah utuh, (2) jus buah segar, (3) jus buah dingin atau smoothies, (4) jus kemasan, dan terakhir (5) minuman sintesis rasa buah.