1. Perhatikan Gerak Tubuh Anak

Ciri-ciri Anak Siap Mandi Sendiri, Kapan Waktu yang Tepat?
source: https://www.telegraph.co.uk/

Anak-anak sebenarnya akan memberi tahu saat mereka ingin melakukan beberapa hal tanpa bantuan orangtuanya lagi. Hal ini bisa ditandai dengan anak yang sudah ingin menyiram badannya sendiri, membasuh dengan sabun sendiri, atau bahkan secara langsung menyatakan bahwa "aku ingin mandi sendiri." Jika ini terjadi pada anakmu, seharusnya Mommy mulai berhenti memandikannya dan biarkan ia mandi sendiri dengan diberikan arahan mengenai bagian mana saja yang harus dibersihkan dengan benar.


2. Pahami Tahapan dan Pola Belajar Anak

Ciri-ciri Anak Siap Mandi Sendiri, Kapan Waktu yang Tepat?
source: https://c.stocksy.com/

Ketahui bahwa ada pola dan tahapan belajar yang sebenarnya tidak acak. Saar anak-anak memulai toilet training, mereka biasanya masih belajar untuk membersihkan kotoran setelah buang air dengan benar. Setelah itu, ia juga perlu belajar bagaimana cara untuk membersihkan wajah, hingga akhirnya berlanjut ke tangan, badan, dan kaki.

baca juga


3. Pastikan Anak Mengerti Pentingnya Kebersihan

Ciri-ciri Anak Siap Mandi Sendiri, Kapan Waktu yang Tepat?
source: https://www.washingtonpost.com/

Sebelum Mommy benar-benar membiarkan anak untuk mandi sendiri, pastikan si kecil benar-benar memahami bagaimana pentingnya kebersihan itu sendiri. Berikan waktu untuk anak saat mandi hingga ia benar-benar berhasil membersihkan bagian tubuh yang kotor setelah bermain. Hal ini sangat penting agar nantinya ia tidak menjadi sembarangan saat mulai dilepas untuk mandi sendiri tanpa pengawasan.


4. Ajarkan Cara Mengeringkan Badan

Ciri-ciri Anak Siap Mandi Sendiri, Kapan Waktu yang Tepat?
source: https://www.zoocchini.com/

Tidak hanya mandi, mengeringkan badan dengan handuk juga harus diajari dengan benar. Jangan sampai Mommy yang kerepotan harus membersihkan tetesan air dan becekan di kamar mandi dan seluruh rumah setelah anak selesai mandi. Biasakan anak untuk mengeringkan badannya setelah mandi sebelum keluar dari kamar mandi.

baca juga


5. Pastikan Kamar Mandi Aman

Ciri-ciri Anak Siap Mandi Sendiri, Kapan Waktu yang Tepat?
source: https://www.homedit.com/

Terakhir, jangan lupa untuk memastikan bahwa kamar mandi tempat si kecil mandi adalah tempat yang aman untuknya beraktivitas sendiri tanpa pengawasan orangtua. Jangan sampai ada lantai yang licin sehingga membuat anak terpeleset atau sembunyikan benda-benda tajam dan berat agar tidak melukai anak.