MPASI untuk bayi
Kenapa MPASI harus diberikan pada usia bayi minimal 6 bulan? Sebab pada usia ini sistem pencernaan dan perkembangan si kecil sudah matang dibandingkan usia sebelumnya. Sehingga tubuhnya lebih siap menerima makanan.

Hati-hati Memberikan MPASI Dini Pada Bayi, Ini 5 Bahaya yang Bisa Terjadi
source: https://m.detik.com/health/bayi/d-3214248/ini-efeknya-jika-tanpa-saran-dokter-mpasi-diberi-sebelum-anak-usia-6-bulan

Sayangnya, banyak orang tua mengabaikan hal ini. Mereka khawatir seiring bertambahnya usia bayi, menyusu tak lagi cukup. Alhasil orang tua memberikan MPASI dini dengan pisang kerok misalnya atau pun bubur. Padahal pemberian MPASI terlalu dini bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan si kecil seperti di bawah ini.

Bahaya MPASI dini

1. Diare
Perut bayi di bawah usia 6 bulan sebenarnya baru bisa mencerna ASI. Ketika diberi MPASI, maka sel-sel usus kewalahan untuk mengolah zat-zat makanan, sehingga bereaksi seperti menimbulkan gangguan diare.

Sebaliknya, ASI yang diberikan hingga usia 6 bulan justru memberikan perlindungan bagi si kecil terhadap penyakit, seperti diare. Dengan ASI eksklusif, imunitas atau kekebalan tubuh bayi meningkat, otomatis dapat melindungi si kecil dari berbagai penyakit.

Hati-hati Memberikan MPASI Dini Pada Bayi, Ini 5 Bahaya yang Bisa Terjadi
source: https://m.klikdokter.com/amp/3271571/jika-bayi-diare-anda-perlu-melakukan-ini

2. Sembelit
Bayi di bawah 6 bulan memiliki sistem pencernaan yang belum sempurna. Asupan lain disamping  ASI membuat organ pencernaannya terpaksa bekerja ekstra keras demi mengolah dan memecah makanan yang masuk.

Nah, karena dipaksa bekerja keras, makanan pun tak dapat dicerna dengan baik. Ujung-ujungnya, timbul reaksi/gangguan pencernaan seperti konstipasi atau timbulnya gas. Sementara, sistem pencernaan relatif sempurna dan siap menerima MPASI pada usia 6 bulan ke atas.

Karena itulah, menunda memberikan MPASI hingga usia bayi 6 bulan justru memberi kesempatan kepada sistem pencernaan agar dapat berkembang matang terlebih dahulu. Secara psikologis pun, umumnya bayi siap mendapatkan MPASI pada usia sekitar 6 bulanan.

baca juga

3. Obesitas
Proses pemecahan sari-sari makanan dalam tubuh bayi belum sempurna, sehingga bila bayi diberi MPASI sebelum usia 6 bulan, ia berpeluang mengalami obesitas. Pemberian MPASI sebelum usia 6 bulan sering dihubungkan dengan meningkatnya kandungan lemak dan berat badan.

Karena itulah, menunda pemberian MPASI sampai usia 6 bulan dapat melindunginya dari obesitas di kemudian hari. Perlu diketahui, beberapa enzim pemecah protein seperti pepsin, lipase, dan amilase, serta asam lambung, baru akan diproduksi sempurna pada saat bayi berusia 6 bulan.

Hati-hati Memberikan MPASI Dini Pada Bayi, Ini 5 Bahaya yang Bisa Terjadi
source: https://m.klikdokter.com/amp/3608626/inilah-bahaya-obesitas-pada-bayi

4. Risiko alergi
Memperpanjang pemberian ASI ekslusif menurunkan angka terjadinya alergi makanan. Pada usia 4-6 bulan, kondisi usus bayi masih "terbuka". Saat itu antibodi dari ASI masih bekerja melapisi organ pencernaan bayi dan memberikan kekebalan pasif, mengurangi terjadinya penyakit dan reaksi alergi sebelum penutupan usus terjadi. Produksi antibodi dari tubuh bayi sendiri dan penutupan usus terjadi saat bayi berusia 6 bulan.

Nah, dengan pemberian ASI eksklusif, zat antibodi yang terdapat di dalam ASI (slgA) dapat masuk langsung melalui aliran darah bayi, melapisi organ pencernaan bayi, menyediakan kekebalan pasif, dan mengurangi terjadinya penyakit dan reaksi alergi sebelum penutupan usus terjadi.

5. Invaginasi usus
Invaginasi usus adalah keadaan suatu segmen usus masuk ke dalam bagian usus lainnya sehingga menimbulkan masalah kesehatan serius dan bila tidak segera ditangani dapat menyebabkan kematian. Penyebab pasti penyakit ini belum diketahui, tetapi hipotesis yang paling kuat adalah karena pemberian MPASI yang terlalu cepat.

Hati-hati Memberikan MPASI Dini Pada Bayi, Ini 5 Bahaya yang Bisa Terjadi
source: https://dokumen.tips/amp/documents/makalah-invaginasi.html

Nah, untuk menghindari dampak buruk yang dapat terjadi pada si kecil akibat pemberian MPASI dini, lebih baik menundanya sampai bayi berusia 6 bulan dan sebelum mencapai 6 bulan si kecil cukup diberikan ASI eksklusif saja ya, Moms.