Konsultasi ke Dokter Kandungan

 

Semasa hamil muda, sebaiknya kamu telah memiliki dokter kandungan yang nyaman untuk kamu ajak berkonsultasi. Menurut situs Alodokter, pemeriksaan pada kehamilan trimester pertama yang normal adalah setiap enam minggu. Tambahan lagi, pemeriksaan awal pada kehamilan trimester pertama juga ada kemungkinan mengidentifikasi faktor risiko dan memeriksa kelainan kromosom pada janin.

source: http://www.momjunction.com/articles/tips-to-help-you-choose-the-right-gynecologist_00335150/#gref

Dukungan dari Pasangan dan Keluarga

Kehamilan adalah masa-masa penting dalam kehidupan rumah tangga. Ingat bahwa kamu nggak sendirian menghadapi kehamilan ini, melainkan didampingi oleh pasangan, keluarga, dan sahabat terdekat. Beritahu mereka tentang kebutuhan, kekhawatiran, masalah, dan harapan yang kamu rasakan. Hal ini akan sangat membantu bagi orang-orang terdekat untuk memahami kondisimu dan memberikan dukungan yang kamu butuhkan. 

source: https://edfcdn-everydayfamily.netdna-ssl.com/wp-content/uploads/2011/06/parents.jpg?x43781
baca juga

Memahami Perubahan Fisik dan Emosional

Seiring dengan kehamilan, muncul beberapa perubahan fisik dan emosional yang membutuhkan penyesuaian. Umumnya, ada beberapa keluhan seperti mual disertai muntah, pusing, payudara yang terasa nyeri, ngidam, maupun meningkatnya sensitivitas pada bau tertentu.

Perubahan-perubahan ini umum ditemui, namun sebaiknya tetap kamu sampaikan ke dokter kandungan untuk mengetahui perkembangan kondisi kehamilanmu. Ada beberapa penyesuaian yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah, seperti menghindari menahan buang air kecil untuk mencegah infeksi saluran kemih atau tidak mengubah posisi secara tiba-tiba agar tidak pusing.

source: http://giaoduc.net.vn/Suc-khoe/Me-bau-dau-dau--da-co-rau-cai-cuc-post49656.gd

Mengatur Pola Makan

Mengatur pola makan dengan asupan gizi seimbang saat hamil muda penting untuk ibu dan janin. Lagi-lagi, kamu perlu berkonsultasi tentang pola makan dengan dokter kandunganmu. Saat ini, mulai jelas betapa pentingnya peran dokter kandungan, bukan?

Sepanjang kehamilan, terutama saat hamil muda, kamu membutuhkan asupan asam folat yang baik. Asam folat berperan penting membantu perkembangan janin. Di sisi lain, pastikan kamu menghindari rokok, minuman beralkohol, dan kafein.

Dengan mengatur pola makan, kamu juga dapat meringankan beberapa keluhan saat hamil seperti mual dan sulit buang air besar. Makanlah dalam porsi kecil dengan frekuensi lebih sering, perbanyak minum air atau air jahe. Agar tak mudah merasa pusing dan lemas, penuhi asupan protein dan zat besi. Untuk mencegah sembelit, batasi konsumsi makanan yang digoreng, pedas, atau soda. Gantikan dengan makanan yang kaya serat.

baca juga

Waspada Tanda-tanda Bahaya Kehamilan

Tak ada salahnya waspada, Beautynesian. Menurut situs Alodokter, beberapa hal seperti munculnya flek atau perdarahan ringan saat kehamilan trimester pertama masih tergolong normal. Begitu pula halnya dengan mual dan muntah.

Namun, waspadai tanda-tanda keguguran seperti pendarahan, atau tanda-tanda infeksi seperti perubahan warna dan bau pada cairan vagina yang dapat membuat gatal. Konsultasikan dengan dokter jika mual dan muntah, diiringi dengan demam, muntah berdarah, detak jantung tak beraturan, ataupun terjadi penurunan berat badan, dehidrasi dan pusing secara berlebihan. Kamu dapat bertanya pada dokter kandunganmu untuk mengetahui perubahan-perubahan yang perlu kamu perhatikan.

source: http://www.whollydoula.com.au/pregnancy-gifts/