Profesi yang Didominasi Wanita
​​​​​​

Dengan berbagai kemampuan yang dimiliki, tak heran jika para wanita kini begitu lihai menempatkan dirinya pada beragam jenjang karir dan sektor profesi ya, Moms. Berbicara mengenai profesi, berikut ini rangkuman dari banyaknya bidang pekerjaan yang didominasi terutama oleh wanita modern, antara lain:

  • Dokter
  • Perawat
  • Bidan
  • Sekretaris
  • Guru
  • Penulis
  • Perancang Busana
  • Penata Gaya
  • Perancang Interior
  • Personalia
  • Human Resource Development (HRD)
  • Public Relation (Humas)
  • Social Media Specialist
  • Sales Promotion Girl
  • Customer Service
  • Librarian atau Pustakawan
8 Profesi Ini Didominasi Oleh Wanita, Apa Saja?

Guru

Dari zaman Moms masih jadi murid sekolah dulu pasti sadar deh kalau jumlah guru wanita di suatu sekolah mayoritas lebih banyak dibandingkan jumlah guru laki-laki. Bukan jumlahnya sih yang penting, melainkan karakter guru laki-laki pada umumnya lebih mudah memiliki kesulitan menghadapi anak-anak ataupun remaja, dibandingkan guru wanita yang cenderung lebih keibuan karena insting yang dimilikinya pun memang demikian ya, Moms. Dari situ juga kita bisa berkesimpulan bahwa profesi guru memang cukup didominasi dan merupakan pekerjaan yang cocok bagi wanita.

8 Profesi Ini Didominasi Oleh Wanita, Apa Saja?
baca juga

Perawat
​​​​​​

Profesi yang didominasi oleh wanita selanjutnya ialah perawat, Moms. Bukan berarti perawat laki-laki tidak ada loh, hanya saja perawat wanita memang yang paling sering kita temui dan mungkin saja jumlahnya paling banyak dalam suatu rumah sakit.

Sehubungan dengan tuntutan pekerjaan perawat yang diharapkan dapat telaten mengurus pasiennya, profesi ini tentu sesuai dengan sifat bawaan wanita yang seharusnya bisa merawat dirinya, anak, suami maupun keluarganya dengan baik. Dengan begitu, merawat pasien bukan lagi menjadi masalah besar bagi perawat wanita, Moms.

8 Profesi Ini Didominasi Oleh Wanita, Apa Saja?

Sekretaris
​​​​​​

Selama ini pekerjaan sebagai seorang sekretaris identik dengan hal-hal yang berbau feminim dan bahkan jarang sekali ditemui laki-laki yang bekerja sebagai sekretaris. Terorganisir, memperhatikan hal-hal kecil dan detail tentunya erat kaitannya dengan image seorang wanita terutama dalam menyelesaikan pekerjaanya. Untuk itu, profesi sekretaris merupakan profesi yang paling didominasi oleh wanita, Moms.

8 Profesi Ini Didominasi Oleh Wanita, Apa Saja?
baca juga

Public Relation

Pekerjaan Humas atau Public Relation memerlukan kepiawaian dalam berinteraksi dengan orang lain, membangun hubungan baik terutama dengan klien tempat kita bekerja. Dalam hal ini, sisi lain wanita yaitu mendengarkan orang lain dengan baik, mudah memahami sampai dengan memberikan perhatian akan sangat cocok dengan kebutuhan pekerjaan ini sehingga mampu menjadi profesi yang paling didominasi oleh wanita.

8 Profesi Ini Didominasi Oleh Wanita, Apa Saja?

Social Media Specialist
​​​​​​

Salah satunya Social Media Specialist, sekarang ini ada begitu banyak pekerjaan yang berkaitan dengan Social Media yang juga didominasi oleh wanita. Pekerjaan yang termasuk modern ini terbilang membutuhkan keterampilan berkomunikasi, imajinasi dan kreativitas tinggi yang mana hal tersebut sangat berpotensi dimiliki oleh setiap wanita untuk berinteraksi dengan para konsumen dunia sosial media sesuai dengan target dan keinginan perusahaan.

8 Profesi Ini Didominasi Oleh Wanita, Apa Saja?

Desainer Interior

Sama halnya dengan berbagai profesi sebelumnya, perancang interior tentu membutuhkan skill dan ketelitian akan sebuah hasil kerja yang baik. Ada begitu banyak desainer interior laki-laki di bidang ini, namun tidak menutup kemungkinan bahwa wanita juga bisa ambil bagian untuk sukses dalam bidang pekerjaan ini ya, Moms.

Bahkan rasa peka wanita terhadap suatu nilai estetis bisa dibilang lebih tinggi dibandingkan laki-laki. Pekerjaan merancang, memperindah dan mendekorasi seharusnya sudah menjadi bakat alamiah seorang wanita untuk dapat mendominasi profesi ini.  

8 Profesi Ini Didominasi Oleh Wanita, Apa Saja?

Fashion Desainer
​​​​​​

Tak dapat dipungkiri bahwa pekerjaan sebagai perancang busana juga banyak digeluti oleh laki-laki ya, Moms. Bahkan sederet perancang busana terkenal yang kita ketahui pun kebanyakan laki-laki. Namun, selain ilmu dan ketermapilan mernacang busana yang wajib dimiliki, kelebihan wanita yang gemar mempercantik diri dan orang lain membuat wanita sangat bisa mendominasi profesi ini, Moms.

8 Profesi Ini Didominasi Oleh Wanita, Apa Saja?

Penata Gaya
​​​​​​

Berbicara tentang penata gaya dalam cakupannya, bidang ini meliputi pekerjaan penata rambut, penata aksesoris, ahli kecantikan, terapis spa dan lain sebagainya. Dalam hal mempercantik diri, wanita memang jagonya ya, Moms. Maka tak heran kalau profesi ini didominasi oleh kaum hawa sebagai yang menggelutinya. Naluri wanita yang cenderung luwes pasti membuat pekerjaan ini menjadi maksimal jika ditekuni.

8 Profesi Ini Didominasi Oleh Wanita, Apa Saja?