1. Melakukan Serangkaian Tes

Sebelum operasi dilakukan biasanya pihak rumah sakit meminta moms untuk melakukan serangkaian tes seperti, tes urine, darah, jantung, dan lainnya. Persiapan umum lainnya yakni jangan sampai lupa membawa keperluan seperti pembalut, pakaian ganti, dan juga beberapa baju-baju bayi. 
 

source: http://www.parents.com



 

2. Pemberian Obat Bius

Sesaat menjelang operasi dilakukan moms akan diberikan obat bius oleh ahli anastesi. Nah, biasanya dokter akan memberikan anesteri epidural dimana hanya bagian tubuh bawah saja yang diberikan suntikan bius. Selama operasi berjalan moms tidak akan merasakan sakit, namun tetap dalam keadaan sadar dan jika berani moms bisa melihat proses caesar berlangsung. 
 

source: https://babycenter.com



 

baca juga

3. Operasi Caesar Dilakukan

Setelah memastikan bahwa anastesi sudah bekerja dengan baik, kemudian dokter mulai melakukan operasi denga sayatan di bagian bawah perut. Setelah bagian perut dan rahim terbuka, dokter akan mulai menarik bayi dan mengeluarkan plasenta dari dalam rahim. 
 

source: http://www.mirror.co.uk



 

4. Menutup Jahitan dan Masuk ke Ruang Pemulihan

Setelah proses melahirkan berjalan lancar, maka dokter segera menutup jahitan dan membawa moms ke ruang pemulihan. Selama masa pemulihan di rumah sakit sekitar 2-4 hari, moms akan diberikan obat anti nyeri dan antibiotik. 
 

source: http://www.parenting.com