Tanda pencernaan tidak lancar atau sembelit adalah buang air besar kurang dari 3 kali dalam kurung waktu seminggu. Selain itu, gejala yang dihadapi ketika mengalami sembelit moms mengalami buang air besar sulit dan keras sehingga harus menekan perut agar kotoran cepat keluar. Banyak faktor yang menyebabkan sembelit, salah satunya adalah makanan yang moms konsumsi. Berikut jenis-jenis makanan yang moms hindari agar tidak mengalami sembelit.

Makanan Berminyak

Moms mungkin sering mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat, tapi tetap mengalami sembelit. Bisa jadi, moms juga sering mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak minyak dan makanan cepat saji. Makanan tersebut bisa berbahaya bagi tubuh karena dapat memperlambat gerakan usus, serta menghancurkan serat pada tubuh moms.

Makanan Berminyak
baca juga

Makanan yang Mengandung Gluten

Makanan yang mengandung gluten bisa moms temukan pada olahan tepung terigu maupun gandum. Gluten memiliki sifat yang sulit dicerna sekaligus dapat merusak jaringan usus moms, sehingga timbul sembelit seperti sakit perut, kembung, hingga pembengkakkan pada usus.

Makanan yang Mengandung Gluten

Makanan Beku

Sembelit dan gerakan usus rusak bisa disebabkan karena makanan beku yang moms konsumsi, karena makanan beku mengandung serat yang rendah dan tinggi kandungan bahan pengawetnya. Meski mudah disajikan, jika moms mengalami sembelit, sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan beku, ya.

Makanan Beku
baca juga

Daging Merah

Daging merah mengandung lemak yang tinggi, dan kandungan serat yang sedikit sehingga asupan serat dalam tubuh berkurang. Sembelit disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak dengan kandungan serat yang sedikit, sehingga sembelit pun bisa menjadi tambah parah.

Daging Merah

Minuman Manis

Minuman manis bisa menyebabkan sembelit, ditambah tidak baik untuk kesehatan jantung dan penderita diabetes. Minuman yang kandungan gulanya sangat tinggi berasal dari jus kemasan, es krim, soft drink, teh, soda, dan masih banyak lagi. Agar pencernaan menjadi lancar, sebaiknya berhenti meminum minuman manis, ya moms.

Minuman Manis

Pisang Mentah

Pisang memang memiliki kandungan serat pectin yang membantu pencernaan menjadi lancar, namun tidak untuk pisang mentah. Pisang mentah menjadi salah satu penyebab moms mengalami sembelit karena kandungan rantai glukosa panjang yang sulit dicerna, berbeda dengan pisang matang. Senyawa tanin yang terkandung di pisang mentah akan memperlambat jalannya makanan di usus, sehingga harus dibarengi dengan perbanyak minum air mineral. Pisang mentah pun bisa moms temui pada rujak cingur atau rujak petis.

Pisang Mentah