Bagi moms pencinta rasa asam, tentu sangat menyukai asam jawa. Memiliki rasa asam dan aroma yang khas, asam jawa kerap kali dikonsumsi dengan dijadikan sebuah minuman. Dicampur dengan gula merah, moms bisa menikmatinya baik saat hangat maupun dingin. Namun demikian rasa asam yang menggigit lidah amankah dikonsumsi saat moms hamil?

Manfaat Asam Jawa Untuk Ibu Hamil

Asam jawa mendatangkan manfaat untuk ibu hamil. Sama dengan buah lainnya yang memiliki rasa asam, buah ini mengandung vitamin C, A, K dan polifenol. Selain itu, asam jawa juga memiliki kandungan zat besi. Kandungan ini berguna mengurangi kemungkinan kelahiran prematur dan juga menurunkan kemungkinan berat bayi lahir rendah. Buah ini kaya akan anti-oksidan dan serat makanan. Saat sembelit menyerang, air asam jawa bisa menjadi obat alami. Asam jawa memiliki anti-inflamasi dan sifat anti-mikoroba, sehingga bisa membantu mengatasi diabetes gestastional serta diare.

Manfaat Asam Jawa Untuk Ibu Hamil
baca juga

Dampak Negatif Konsumsi Asam Jawa Saat Hamil

Mengkonsumsi asam jawa dalam jumlah berlebihan akan berdampak negatif bagi moms dan janin. Bersifat sebagai pencahar sembelit, tentu makan asam terlalu banyak bisa menyebabkan diare. Diare dalam waktu lama membahayakan kehamilan Anda. Efek terburuknya pun dapat merangsang kontraksi rahim, terutama pada trimester akhir serta menyebabkan kelahiran prematur.

Memiliki reaksi pada obat-obatan seperti aspirin dan ibuprofen, hindari mengkonsumsi asam jawa setelah mengkonsumsi dua jenis obat tersebut. Asam jawa meningkatkan penyerapan aspirin dalam tubuh, yang mengakibatkan kegururan pada ibu hamil. Sementara itu, mengkonsumsi ibuprofen dan asam jawa mengakibatkan kerusakan pada jantung dan paru-paru  bayi dalam kandungan moms.

Dampak Negatif Konsumsi Asam Jawa Saat Hamil

Aturan Mengkonsumsi Asam Jawa Untuk Ibu Hamil

Selama moms dan janin dalam kondisi sehat, mengkonsumsi asam jawa diperbolehkan. Dengan catatan tidak berlebihan ya, moms. Bereaksi terhadap obat-obatan tertentu, seperti parasetamol, ibuprofen dan aspirin. Pastikan moms tidak minum obat-obatan jika ingin mengkonsumsi asam jawa. Setidaknya batasi 1 kali 24 jam setelah minum obat. Hindari mengkonsumsi air asam jawa kemasan, karena kandungan pemanis buatan didalamnya tentu tidak sehat untuk Anda. Sebagai gantinya moms bisa membuat olahan buah asam sendiri di rumah. Pastikan buah asam yang dipilih sudah matang ya, moms. Jangan lupa konsultasikan pada dokter secara jelas sebelum mengkonsumsinya.