1. Ibu Hamil

Tahukah Moms ketika ibu yang sedang mengandung menghirup asap rokok, maka bahaya bahan kimia dari asap rokok tersebut masuk ke dalam paru-paru dan mengalir melalui darah sang ibu. Bahan kimia tersebut adalah nikotin, karbon monoksida, dan bahan kimia lainnya yang berbahaya akan masuk ke dalam plasenta dan dapat mempengaruhi anak yang masih berada dalam kandungan. Seorang ibu hamil pada usia kandungan kurang dari 37 minggu jika terpapar asap rokok kemungkinan akan melahirkan bayi prematur, dengan berat badan bayi di bawah rata-rata atau kurang dari 2.500 gram, dan belum termasuk masalah kesehatan lainnya.

1. Ibu Hamil

2. Resiko Kematian

Anak kecil adalah korban yang paling mudah diserang sebagai perokok pasif, terutama jika si kecil hidup dengan orang tua yang merupakan perokok maka si kecil memiliki resiko kematian mendadak lebih besar. Bagi orang tua yang merupakan perokok disarankan untuk tidak berbagi tempat tidur dengan anak kecil di bawah usia 4 bulan.

2. Resiko Kematian
baca juga

3. Sistem Kekebalan Tubuh

Bahaya asap rokok juga dapat merusak sistem kekebalan tubuh si kecil, hal ini berbeda bagi orang dewasa yang akan meningkatkan resiko infeksi. Anak-anak yang sering menghirup asap rokok akan cenderung memiliki komplikasi pada paru-paru dan penyakit meningokokus yang dapat berakibat fatal seperti kematian, cacat mental, gangguan pencernaan atau cacat tubuh. Sedangkan bagi perokok aktif asap rokok akan membawa bakteri yang menyebabkan penyakit tersebut.

3. Sistem Kekebalan Tubuh

4. Resiko Kanker

Tahukah Moms tidak hanya bagi para perokok yang bisa terkena resiko kanker, bahaya asap rokok juga bisa mempengaruhi ibu hamil dan anak yang terpapar asap rokok sebelum dan sesudah kelahiran, bahaya asap rokok dapat meningkatkan resiko kanker pada anak tertentu seperti, leukimia, limfoma, dan bahkan kanker otak. 

4. Resiko Kanker
baca juga

5. Gangguan Jantung

Anak kecil yang terpapar asap rokok dari sebelum lahir dan sesudah dilahirkan akan lebih beresiko mengalami gangguan jantung yang dimulai pada masa kanak-kanak ataupun remaja.

5. Gangguan Jantung

6. Menghambat Pertumbuhan Paru-Paru

Jika si kecil terlalu sering terpapar asap rokok, maka itu bisa menjadi penyebab terhambatnya pertumbuhan paru-paru si kecil. Zat-zat yang berbahaya pada rokok dapat dengan mudah masuk ke dalam paru-paru si kecil melalui saluran pernapasan. Itulah sebabnya jika ingin menggendong bayi akan lebih baik untuk mengganti pakaian terlebih dahulu karena kandungan berbahaya dari rokok dapat melekat pada pakaian, bahkan pada barang-barang di dalam rumah.

6. Menghambat Pertumbuhan Paru-Paru

Berikut adalah penjelasan bahaya asap rokok bagi si kecil, kesimpulannya Moms harus lebih hati- ati dengan asap rokok yang berbahaya karena dapat merusak pertumbuhan si kecil baik secara langsung ataupun tidak langsung. Semoga Bermanfaat ya Moms!