Siapa tak suka rasa asam yang tajam? Hampir semua moms menyukai asam jawa. Bahkan buah ini tak hanya dapat dikonsumsi secara langsung, namun juga menjadi rahasia pada masakan gurih, seperti sayur asam, sambal rujak dan hidangan lainnya. Moms, tahukah Anda, selain dapat dikonsumsi, asam jawa juga bisa digunakan untuk membuat kulit Anda lebih cantik? Anda bahkan bisa menjadikan asam jawa sebagai bahan utama masker wajah..  Untuk itu, kita ketahui dulu segudang manfaat asam jawa ya!

Manfaat Asam Jawa

Memiliki kandungan alfa hidroksi asam (AHA), yang dikenal dengan sifat mengelupas, asam jawa dapat menyumbat pori-pori wajah Anda. Sehingga efektif mengurangi bintik-bintik hitam pada wajah yang kerap kali mengganggu. Kandungan ini juga membuat kulit moms lebih awet muda. Memiliki sifat penyembuh luka, cocok sekali untuk moms yang sering berurusan dengan jerawat di wajah. Untuk mendapatkan manfaat secara maksimal, moms bisa membuat skincare sendiri dengan asam jawa seperti berikut ini.

baca juga

Asam Jawa Untuk Pembersih Wajah

Siapkan bahan-bahan:

  • 1 sendok makan pulp asam (Anda bisa membuatnya dengan merendam asam yang sudah matang dengan air. Asam sebelumnya sudah dipisahkan dengan kulit dan bijinya)
  • 1 sendok teh yogurt
  • 1 snedok teh air mawar

Cara membuatnya:

Siapkan wadah bersih, tambahkan semua bahan di atas dan aduk secara merata. Lalu masker siap digunakan. Aplikasikan masker pada wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Bilas wajah dengan air bersih. Pembersih wajah ini berguna untuk menjaga kulit tetap terhidrasi, tidak kering, bersih, dan bebas bakteri.

Asam Jawa Untuk Pembersih Wajah

Asam Jawa Untuk Mencerahkan Kulit

Siapkan bahan-bahan:

  • 30 gram asam jawa matang
  • 1/2 sendok teh bubuk kunyit
  • 1 gelas air

Cara Membuatnya:

Rebus asam dalam air hingga lunak. Biarkan dingin, dan ambil asam jawa yang telah terpisah dengan bijinya. Kemudian campurkan dengan bubuk kunyit. Gunakan masker ini pada wajah.  Diamkan 20 menit, lalu cuci bersih. Kunyit mengandung curcumin yang membersihkan kulit dan membunuh bakteri. Antioksidan hadir dalam kunyit dan asam jawa mengurangi tanda-tanda penuaan, dan bintik-bintik hitam dan mencerahkan kulit Anda.

Asam Jawa Untuk Mencerahkan Kulit
baca juga

Asam Jawa Untuk Wajah Awet Muda

Siapakan bahan berikut ini:

  • 3 sendok teh bubur asam (asam jawa matang yang telah direndam dengan air dan terpisah dari kulit serta bijinya)
  • 1 sendok teh tepung semolina
  • 2 sendok teh tepung terigu
  • 2 sendok teh madu

Cara membuatnya:

Campur semua bahan menjadi satu, setelah tercampur rata aplikasikan pada wajah hingga leher. Tunggu sekitar 10-15 menit, cuci dengan air dingin. Untuk hasil maksimal setelah dibilas, coba gunakan pelembap pada wajah, Anda bisa menggunakan minyak kelapa atau almond. Untuk hasil maksmilam gunakan secara teratur.

Asam Jawa Untuk Wajah Awet Muda

Asam Jawa Untuk Hilangkan Jerawat

Siapakan Bahan-bahan:

  • 1 cangkir bubur asam jawa (asam jawa matang yang telah direndam dengan air dan terpisah dari kulit serta bijinya)
  • 1/2 cankir beras putih  (Sangrai beras terlebih dahulu hingga berubah warna kecoklatan)
  • 1 sendok minyak zaitun

Cara membuatnya:

Campurkan asam dan beras yang telah disangrai, masukkan ke belender. Giling kedua bahan hingga berubah menjadi pasta. Tambahkan minyak zaitun pada pasta tersebut. Masker siap digunakan. Oleskan pada wajah Anda, tunggu sekitar 15-20 menit. Agar menyerap sempurna sebelum mengaplikasikannya, moms bisa mencuci wajah dengan air hangat terlebih dahulu. Perpaduan antara bahan keduanya efektif hilangkan jerawat. Hal ini karena beras anti-inflamasi dan menenangkan kulit Anda dengan mengobati peradangan, seperti halnya jerawat.

Asam Jawa Untuk Hilangkan Jerawat

Asam Jawa Untuk Obati Peradangan Kulit

Bahan-bahan:

  • 1 sendok makan bubur asam (asam jawa matang yang telah direndam dengan air dan terpisah dari kulit serta bijinya)
  • 1-2 sendok makan yogurt
  • 1-2 sendok teh jus lemon

Cara membuatnya:

Campur semua bahan dalam mangkuk. Oleskan bungkus pada wajah dan leher Anda dan biarkan selama 20-30 menit, cuci bersih.

Asam Jawa Untuk Obati Peradangan Kulit