Olahraga

Cara mengencangkan payudara yang pertama adalah dengan berolahraga. Tahukah, Moms? Ada bagian pada payudara yang membutuhkan olahraga atau senam untuk merangsang otot-otot sebagai penggantung payudara. Aliran darah yang lancar akan membuat payudara nampak kencang dan terangkat.

Olahraga
source: https://wartakesehatan.com/

Jangan Membungkuk Terlalu Sering

Pada saat masa menyusui, sebaiknya Moms menghindari posisi membungkuk dan memiringkan payudara ke dalam mulut bayi. Hal ini akan membantu mencegah peregangan kulit payudara. Selain itu, Moms sebaiknya tidak tidur ke salah satu sisi dalam waktu yang lama. Tidur miring ke kiri atau kanan berisiko membuat payudara kendur. Posisi terbaik saat tidur agar payudara tetap kencang adalah dengan posisi terlentang.

Jangan Membungkuk Terlalu Sering
source: https://www.ibupedia.com/
baca juga

Pilih Bra yang Tepat

Memilih bra juga salah satu cara mengencangkan payudara pasca menyusui lho, Moms. Gunakanlah bra menyusui yang baik untuk menahan payudara. Pemilihan bra yang tepat akan mencegah payudara mengendur. Sebaiknya Moms memilih bra yang bisa menyokong payudara dari bahan yang tebal dan nyaman.

Pilih Bra yang Tepat
source: https://hellosehat.com/

Kurangi Makanan Berlemak

Cara mengencangkan payudara pasca menyusui yang keempat adalah kurangi makanan berlemak. Agar payudara Moms tetap kencang, sebaiknya Moms mengkonsumsi makanan seperti sereal gandum, polong-polongan, dan sayuran hijau. Dan pada saat menyusui, Moms dianjurkan makan makanan sehat guna menunjang bentuk payudara. Contohnya salad, minyak zaitun, buah-buahan segar, telur, ikan, unggas, dan kacang-kacangan. Makan ini akan membantu menjaga elastisitas dan warna kulit payudara.

Kurangi Makanan Berlemak
source: https://inginsekalisehatt.wordpress.com/
baca juga

Jangan Menurunkan Berat Badan Secara Drastis

Menurunkan berat badan terlalu cepat akan membuat kulit tidak bisa mengimbanginya. Sebaiknya Moms mengurangi berat badan secara bertahap, agar kulit juga bisa ikut menyesuaikan bentuk tubuh Mommies termasuk pada bagian payudara.

Jangan Menurunkan Berat Badan Secara Drastis
source: https://fitnessindonesia.com/

Nah Mommies, itu tadi 5 cara mengencangkan payudara pasca menyusui. Jadi sekarang jangan khawatir dan jangan takut untuk menyusui, ya. Berikan yang terbaik untuk si kecil, dan ASI adalah yang terbaik.