Bagi Gaji Bulanan

Sebelum hari gajian datang, coba Moms membuat tabel rencana pengeluaran yang Moms inginkan di bulan mendatang. Atau Moms bisa membuat amplop-amplop yang sudah diberi keterangan akan digunakan untuk apa. Bagi gaji Dads untuk 3 hal yaitu hidup rutin (Living) 50%, tabungan dan investasi (Saving) 30%, serta bersenang-senang (Playing) 20%. Untuk cicilan rumah Moms bisa memasukkan dan tersebut pada amplop investasi. Sedangkan kartu kredit, Moms bisa masukkan ke dalam amplop bersenang-senang. 

Bagi Gaji Bulanan
source: https://www.jpnn.com/

Rekening Tabungan Berbeda

Cara mengatur gaji agar tidak cepat habis yang kedua adalah membuat rekening tabungan berbeda. Maksudnya adalah Moms harus benar-benar memisah uang meski dalam rekening bank. Karena meski sudah memilah-milah keperluan, namun jika uang masih berada dalam satu sumber rekening, maka bisa-bisa uang tabungan akan terpakai. Jadi sebaiknya Moms memiliki lebih dari satu rekening untuk memisahkan tabungan dan pengeluran.

Rekening Tabungan Berbeda
source: https://www.gadaibpkbmobil.com/
baca juga

Buat Prioritas Keuangan

Biasanya setelah gajian, Moms jadi lebih banyak keinginan dibandingkan dengan saat belum gajian. Wajar kok Moms, namanya juga sedang pegang uang. Tapi Moms harus mengerem kebiasan tersebut, caranya dengan membuat urutan prioritas. Mana urusan yang harus didahulukan dan mana yang bisa ditunda. Sebaiknya Moms mendahulukan membayar cicilan dan investasi.

Buat Prioritas Keuangan
source: https://dailysocial.id/

Batasi Pengambilan Uang Di ATM

Jangan terlalu sering mengambil uang di ATM. Karena biasanya seseorang akan lebih boros jika memiliki uang cash di tangan. Jadi sebaiknya ambil uang di ATM seperlunya saja. Coba hitung berapa kebutuhan dana cash Moms setiap minggunya.

Batasi Pengambilan Uang Di ATM
source: https://uangindonesia.com/
baca juga

Tentukan Tujuan Jangka Pendek

Terakhir cara agar gaji tidak cepat habis adalah menentukan satu tujuan keuangan yang sifatnya jangka pendek, misalnya setiap 3 bulan sekali. Dengan begitu Moms akan lebih semangat menabung karena hasil dari rencana tersebut sudah terlihat setelah 3 bulan.

Tentukan Tujuan Jangka Pendek
source: https://intisari.grid.id/

Nah Moms, itu tadi 5 cara cermat agar gaji tidak cepat habis. Biasakan menahan diri ya, Moms. Karena ketika uang gaji sudah ditangan, hal yang paling sulit adalah menahan diri. Selamat mencoba, Moms.