Kantong plastik menjadi salah satu masalah yang sangat merepotkan. Di satu sisi penggunaan kantong plastik dapat meninggalkan berbagai masalah lingkungan karena susahnya bahan plastik untuk diurai. Tapi di sisi lain, kebanyakan masyarakat sudah ketergantungan menggunakan plastik karena kepraktisan dan kemudahannya. Nah moms delapan negara ini memilih untuk melarang penggunaan kantong plastik untuk menghindari masalah jangka panjang yang bisa ditimbulkan.

Patut Dicontoh! Ini 8 Negara yang Melarang Penggunaan Kantong Plastik

Vanuatu

Dimulai pada Juli 2008 Vanuatu melarang penggunaan kantong plastik, sedotan, dan kemasan polyestrene. Dan di tahun 2019 negara ini memperluas cakupan peraturan hingga termasuk piring plastik, stirrer, dan kemasan makanan. Tak hanya sampai disitu, hingga saat ini vanuatu menjadi negara pertama yang melarang penggunaan popok sekali pakai.

Vanuatu
baca juga

Uni Eropa

Denmark adalah negara Uni Eropa pertama yang memulai pembatasan penggunaan kantong plastik, yaitu sejak 1994. Denmark mengenakan pajak pada kantong plastik dan berhasil menurunkan penggunaannya dari 800 menjadi 400 juta. Selain Denmark beberapa negara Uni Eropa lain seperti Inggris, Italia, Wales, dan Jerman juga melakukan pelarangan yang sama.

Uni Eropa

Kanada

Kanada menjadi satu dari beberapa negara bagian Amerika Serikat yang sudah mengenakan pelarangan penggunaan kantong plastik. Di AS sendiri larangan penggunaan kantong plastik memang sudah berlaku di beberapa negara bagian seperti Meksiko dan Puerto Rico.

Kanada
baca juga

Prancis

Di Prancis, tekanan untuk mengurangi penggunaan kantong plastik justru datang dari masyarakatnya. Setelah supermarket terbesar disana memberlakukan aturan kantong plastik berbayar, kini di Prancis terutama kota Paris, sudah dilakukan pelarangan penggunaan kantong plastik sejak Januari 2007.

Prancis

Tiongkok

Negara dengan penduduk terpadat di dunia ini sudah mulai melarang penggunaan kantong plastik sejak Juni 2008. Tiongkok akan mengenakan sanksi kepada para pelaku usaha retail yang memberikan kantong plastik secara gratis.
Tiongkok

Bangladesh

Sejak 2002 Bangladesh telah mengeluarkan peraturan yang melarang produksi hingga penggunaan kantong plastik. Negara ini menjatuhkan hukuman berat bagi para pelanggar berupa kurungan 10 tahun penjara dan atau denda senilai satu juta Taka.

Bangladesh

Rwanda

Pelarangan penggunaan kantong plastik di negara ini diberlakukan sangat ketat, bahkan sanksi yang dijatuhkan bagi pelanggarnya bukan cuma hukuman penjara tapi juga hukuman sosial berupa harus mengakui kesalahannya di depan umum. Di negara ini segala bentuk penggunaan kantong plastik dilarang kecuali untuk industri farmasi dan rumah sakit.

Rwanda

Kenya

Kenya adalah salah satu dari beberapa negara di Afrika Selatan yang memberlakukan larangan penggunaan kantong plastik. Jika sebelumnya di negara ini sampah kantong plastik sangat mudah ditemukan, maka berkat peraturan ini penggunaan kantong plastik berkurang hingga 90%.

Kenya