Setiap anak pasti membutuhkan ruang untuk dirinya sendiri, karena pada dasarnya anak mempunyai privasi tersendiri yang harus orang tua penuhi. Salah satu ruangan yang dibutuhkan oleh anak dan sebaiknya dipersiapkan dengan matang oleh orang tua adalah ruang belajar. Di ruang belajar anak akan berusaha untuk mengembangkan potensi dirinya, sehingga orang tua harus mendesainnya sebaik mungkin agar perkembangan anak dalam belajar juga bisa berjalan optimal.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mendesain Ruang Belajar Anak

Tak hanya dalam menyiapkan fasilitas berupa sebuah ruangan untuk belajar, orang tua juga harus memberikan perhatian tersendiri dalam proses desain ruang belajar anak. Yang terpenting, orang tua tidak boleh mementingkan egonya dalam mendesain, karena sejatinya ruangan belajar ini diperuntukkan bagi anaknya.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mendesain Ruang Belajar Anak
baca juga

Libatkan Anak Saat Mendesain

Hal pertama yang harus orang tua lakukan saat ingin mempersiapkan ruang belajar anak adalah melibatkan anak. Ruang belajar harus didesain senyaman mungkin untuk anak, dan yang paling tahu tentang hal yang membuat anak nyaman adalah anak itu sendiri. Selain itu, melibatkan anak juga akan membuatnya merasa bahwa keputusannya dihargai dan diapresiasi oleh orang tuanya. 

Libatkan Anak Saat Mendesain

Pilih Ruangan yang Tepat

Selanjutnya orang tua harus bijak dalam memilih ruangan untuk dijadikan ruang belajar anak. Ruangan ini tidak boleh terlalu luas atau terlalu sempit. Posisi ruangan juga harus aman dan tidak membahayakan anak. Jangan sampai moms menyiapkan ruangan untuk ruang belajar anak di lantai dua yang memiliki akses balkon jika anak belum cukup dewasa. 

Pilih Ruangan yang Tepat
baca juga

Perhatikan Warna Lantai dan Cat Dinding

Warna lantai dan cat dinding adalah dua hal yang juga harus moms perhatikan dalam desain ruang belajar anak. Umumnya anak menyukai warna-warna yang cerah, warna cerah juga akan merangsang kreativitas anak. Selain itu pilih lantai dengan warna yang mudah terlihat ketika terkena noda. Jangan lupa ajari anak untuk ikut menjaga kebersihan serta kerapihan ruangan.

Perhatikan Warna Lantai dan Cat Dinding

Sediakan Rak Penyimpanan

Rak penyimpanan adalah salah satu elemen yang wajib ada dalam ruang belajar anak. Selain untuk menyimpan berbagai buku, alat sekolah, dan mainan anak, adanya rak penyimpanan juga bisa membuat anak belajar bertanggung jawab terhadap barang-barang miliknya serta lebih disiplin dalam menjaga barang tersebut. 

Sediakan Rak Penyimpanan

Pastikan Sirkulasi Udara Baik

Anak akan semakin nyaman berada di suatu ruangan dengan sirkulasi udara yang baik. Selain baik untuk sistem pernapasannya ruangan belajar anak dengan sirkulasi udara baik juga akan menghemat listrik karena tidak perlu menggunakan AC. Pilih ruangan dengan bukaan jendela yang besar, dan jika ruangan tersebut berada di lantai atas pastikan untuk memasang pengaman berupa tralis besi. 

Pastikan Sirkulasi Udara Baik

Perhatikan Pencahayaan Ruangan

Hal terakhir yang harus diperhatikan dalam desain ruang belajar anak adalah pencahayaan yang baik. Jika memiliki cahaya yang cukup moms tidak perlu menggunakan lampu saat ruangan digunakan pada siang hari. Ruangan dengan sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik juga akan lebih sehat untuk anak.

Perhatikan Pencahayaan Ruangan