Cara Alami Mengatasi Sakit Perut Saat Hamil

Terjadinya banyak perubahan pada tubuh ketika hamil membuat sakit perut yang timbul saat masa kehamilan merupakan hal yang wajar. Oleh karenanya, penting juga untuk Moms cermati masing-masing penyebab sakit perut dan seperti apa tanda-tandanya. Selain itu, perlu diingat kalau sakit perut saat hamil tak melulu dapat diselesaikan dengan pengonsumsian obat ya, Moms. Terutama saat hamil, ada baiknya untuk gunakan cara-cara yang alami saja selagi masih bisa dilakukan, seperti diantaranya:

  • Perbanyak cairan dan konsumsi air putih
  • Makan sedikit tapi sering
  • Kurangi makan berlebihan
  • Hindari makanan pemicu sakit perut seperti makanan pedas, makanan berminyak, cokelat, kopi, soda dan alkohol
  • Hindari mengkonsumsi makanan tiga jam sebelum tidur
  • Tidur dengan posisi yang nyaman
  • Hindari konsumsi suplemen yang berpotensi menyebabkan sembelit
  • Minum air rebusan jahe untuk mengatasi mual dan sakit perut
  • Konsumsi teh chamomile sebagai pereda rasa sakit
  • Minum air kelapa
  • Konsumsi daun mint sebagai obat herbal
  • Terapkan Diet BRAT (Banana, Rice, Apple Sauce, Toast)
  • Minum air beras yang dicampur madu
  • Konsumsi air perasan jeruk lemon yang hangat
7 Cara Mengatasi Sakit Perut Saat Hamil dengan Bahan Alami

Air Kelapa
​​​​​​

Cara alami satu ini cukup dikenal untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan ringan seperti salah satunya untuk detoksifikasi tubuh dan tak terkecuali untuk mengatasi sakit perut saat hamil. Jika sakit perut berujung diare, pastikan Moms mengkonsumsi air kelapa sebagai asupan cairan elektrolit alami dari buah yang kaya akan antioksidan untuk mencegah dehidrasi dan menggantikan cairan tubuh yang berkurang sehingga peredaran darah tetap lancar dan energi pun cepat bertambah.

7 Cara Mengatasi Sakit Perut Saat Hamil dengan Bahan Alami
baca juga

Jahe
​​​​​​

Jika mengkonsumsi jahe mentah secara langsung terasa sulit, maka buatlah minuman dari rebusan jahe, Moms. Meminum air jahe juga dapat mengatasi sakit perut sekaligus rasa mual yang sering dialami saat hamil. Anti-inflamasi alami yang terkandung di dalam jahe dipercaya dapat menyembuhkan beberapa jenis sakit perut. Bisa juga tambahkan gula agar air jahe terasa lebih nikmat dan konsumsi selagi hangat.

7 Cara Mengatasi Sakit Perut Saat Hamil dengan Bahan Alami

Teh Chamomile
​​​​​​

Sama halnya dengan jahe, teh chamomile juga mengandung anti-inflamasi yang dapat digunakan untuk meredakan sakit perut. Cara alami mengkonsumsi teh herbal dari bunga chamomile yang berkhasiat ini juga aman untuk ditempuh ibu hamil asalkan tidak berlebihan, Moms.

7 Cara Mengatasi Sakit Perut Saat Hamil dengan Bahan Alami
baca juga

Air Beras dan Madu
​​​​​​

Tak banyak yang tahu bahwa air beras ternyata dapat juga digunakan untuk mengatasi sakit perut secara efektif loh, Moms. Bukan dengan air beras yang masih mentah melainkan air beras yang diambil pada proses memasak nasi ya, Moms.

Pertama-tama kita perlu memasak nasi dengan jumlah air dua kali lipat dari biasanya untuk mendapatkan air beras. Caranya yaitu, masak ½ cangkir beras dengan 2 cangkir air kemudian masak nasi seperti biasa. Setelah air beras yang berlebih pada saat memasak nasi dirasa cukup matang, tuanglah kelebihan air beras tersebut ke dalam gelas atau cangkir dan tambahkan madu. Lalu, minum air beras selagi hangat.

7 Cara Mengatasi Sakit Perut Saat Hamil dengan Bahan Alami

Daun Mint
​​​​​​

Cara alami untuk meredakan sakit perut saat hamil dengan bahan herbal lainnya ialah dengan mengkonsumsi daun mint yang dapat menetralkan asam lambung. Moms bisa mencampurkan daun mint yang memiliki efek dingin sehingga dapat menenangkan perut ini pada jus buah favorit Moms seperti jus wortel atau jus lainnya.

7 Cara Mengatasi Sakit Perut Saat Hamil dengan Bahan Alami

Sari Lemon
​​​​​​

Jika Moms memiliki riwayat sakit maag, sebaiknya pertimbangkan lagi untuk mengikuti cara ini. Namun sebaliknya, kalau Moms terbebas dari masalah maag, mengkonsumsi air perasan jeruk lemon justru dapat menyembuhkan sakit perut saat hamil. Tambahkan gula atau madu bila perlu dan minum air lemon yang masih hangat ya, Moms.

7 Cara Mengatasi Sakit Perut Saat Hamil dengan Bahan Alami

Diet BRAT
​​​​​​

BRAT sendiri merupakan singkatan dari Banana, Rice, Apple sauce and Toast (roti panggang) ya, Moms. Lalu, diet Brat ialah diet dengan kombinasi bahan makanan yang rendah serat dan tidak mengandung garam sehingga menjadi diet sempurna bagi ibu hamil terutama untuk menghindari masalah sakit perut seperti diare ataupun mual.

Diet ini dapat dilakukan saat Moms sedang tidak ingin memperparah kondisi perut atau perut sedang terasa sakit dan tidak nyaman. Sebaliknya, Diet ini sebaiknya tidak sering dilakukan karena ibu hamil juga membutuhkan protein dan nutrisi seimbang dari makanan lainnya.  

7 Cara Mengatasi Sakit Perut Saat Hamil dengan Bahan Alami