Perbedaan Smoothies dan Jus

Secara umum, perbedaan antara smoothies dan jus terletak pada kandungan seratnya. Smoothies memiliki serat yang lebih banyak. Sebaliknya, jus biasanya memiliki serat yang sangat sedikit. Itulah sebabnya smoothies lebih banyak direkomendasikan untuk mereka yang ingin menjalani pola makan sehat, khususnya yang ingin menurunkan berat badan.

Perbedaan Smoothies dan Jus, Mana yang Lebih Sehat?
source: https://www.thekitchn.com/


Cara Membuat Smoothies

Smoothies dibuat dengan memasukkan semua buah-buahan ke dalam satu blender di wadah yang sama dan menghaluskannya bersama-sama. Blender yang digunakan dapat bermacam-macam. Hasilnya pun kurang lebih sama di mana serat biasanya masih akan lebih banyak, apalagi jika ditambah dengan sayur-sayuran.

Perbedaan Smoothies dan Jus, Mana yang Lebih Sehat?
source: https://www.delish.com/
baca juga


Cara Membuat Jus

Berbeda dengan blender, juicer biasanya akan lebih menghancurkan serat-serat dalam buah dan sayuran. Hasilnya pun akan lebih cair dan encer jika dibandingkan dengan smoothies. Meskipun begitu, masih ada beberapa juicer yang dapat digunakan untuk menjaga kandungan serat dalam olahan buah itu sendiri.

Perbedaan Smoothies dan Jus, Mana yang Lebih Sehat?
source: https://thenypost.wordpress.com/


Mengapa Serat Penting?

Serat merupakan salah satu kandungan nutrisi penting yang dapat membantu memperlambat pencernaan makanan. Akibatnya, seseorang akan merasa kenyang lebih lama dan menghindari asupan makanan berlebih. Selain itu, serat juga bekerja menstabilkan kadar gula darah. Serat bahkan juga memberi makan bakteri baik di usus, hingga pencernaan menjadi lebih sehat dan stabil.

Perbedaan Smoothies dan Jus, Mana yang Lebih Sehat?
source: http://simpleveganblog.com/
baca juga


Lalu, Apakah Smoothies Lebih Sehat Dari Jus?

Kurangnya serat dalam jus membuat smoothies unggul satu poin. Apalagi mengingat smoothies memiliki banyak kandungan nutrisi dalam satu porsinya. Namun, hal ini akan berbeda jika Mommy lebih menyukai minuman yang lebih ringan. Pasalnya smoothies cukup berat untuk dimakan, berbeda dengan jus yang lebih mudah dan dapat dihabiskan dalam waktu singkat. Beberapa jus berbahan dasar sayuran juga menjadi pilihan minuman sehat yang enak dan sederhana untuk mendapatkan banyak vitamin, mineral, dan fitonutrien dalam satu minuman.

Perbedaan Smoothies dan Jus, Mana yang Lebih Sehat?
source: http://ddnews.gov.in/


Itulah beberapa perbedaan yang bisa Mommy pahami antara smoothies dan jus. Perbedaannya sangat tipis memang, tetapi yang pasti keduanya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.