Ketentuan Aqiqah

Aqiqah merupakan salah satu bentuk ibadah yang dilakukan orangtua saat dianugerahi kehadiran buah hati di tengah-tengah keluarga. Aqiqah itu sendiri merupakan sembelihan kambing atau domba yang dilakukan dengan niat mendekatkan diri kepada Allah serta sebagai bentuk rasa syukur atas anugerah yang diberikan. Ketentuan aqiqah untuk bayi laki-laki adalah 2 ekor kambing, sedangkan untuk aqiqah bayi perempuan adalah 1 ekor kambing.

Jadi Kewajiban Orang Tua, Ini Panduan Aqiqah yang Tepat Sesuai Sunnah
source: https://pregnant.sg/


Hukum Aqiqah

Sebenarnya ada beberapa pendapat mengenai hukum aqiqah ini sendiri. Sebagian ada yang mengatakan bahwa aqiqah merupakan hal yang wajib dilakukan sebagaimana Rasulullah bersabda: “Bersama anak laki-laki ada aqiqah, maka tumpahkanlah (penebus) darinya darah (sembelihan) dan bersihkan darinya kotoran (cukur rambutnya)” (HR. Ahmad). Di sisi lain, ada pula yang mengatakan bahwa aqiqah adalah sunnah di mana kemampuan ekonomi seseorang bisa menggugurkan kewajiban aqiqah ini sendiri.

Jadi Kewajiban Orang Tua, Ini Panduan Aqiqah yang Tepat Sesuai Sunnah
source: https://www.forbes.com/

Akan tetapi, sebagian besar orang menganggap bahwa aqiqah memiliki hukum sunnah muakad di mana sangat dianjurkan untuk dilakukan, khususnya bagi mereka yang memang mampu untuk melaksanakannya.

baca juga


Waktu Melaksanakan Aqiqah

Aqiqah atas kelahiran anak disunnahkan untuk dilaksanakan pada hari ke-7 sejak hari kelahiran. Akan tetapi, apabila terlewatkan maka orangtua dapat melaksanakannya pada hari ke-14. Lalu, jika terlewatkan lagi, aqiqah dapat dilakukan pada hari ke-21. Sebagaimana hadist Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam, beliau bersabda, ”Kambing aqiqah disembelih pada hari ke-7 atau ke-14 atau ke-21.” 

Jadi Kewajiban Orang Tua, Ini Panduan Aqiqah yang Tepat Sesuai Sunnah
source: https://www.thebump.com/


Pembagian Daging Aqiqah

Setelah hewan aqiqah disembelih, dagingnya disunnahkan untuk dibagi tiga bagian. Untuk ⅓ bagian pertama disunnahkan untuk dimakan oleh keluarga. Sementara itu, ⅓ yang kedua diberikan ke pada kerabat, keluarga, dan tetangga. Sedangkan ⅓ yang terakhir disedekahkan. Namun boleh juga jika Mommy memutuskan untuk mengolah semua daging dan mengundang teman-teman serta kerabat untuk dihidangkan. Selain itu, bisa juga jika Mommy ingin menyedekahkan semua dagingnya.

Jadi Kewajiban Orang Tua, Ini Panduan Aqiqah yang Tepat Sesuai Sunnah
source: https://raisingchildren.net.au/


Itulah beberapa hal yang sering dipertanyakan seputar aqiqah. Semoga informasi ini bermanfaat, Moms!