Kerap kali moms melihat tingkah lucu anak dalam menirukan hal-hal sekitarnya. Apalagi ketika anak sudah memasuki usia balita, di mana si kecil sedang lincah-lincahnya meniru. Termasuk menirukan tayangan-tayangan yang disaksikannya dari layar kaca televisi. Mempengaruhi tingkah laku anak, tentu yang disaksikan harus mendidik dan menunjang perkembangannya. Maka dari itu penting untuk moms, menyeleksi tayangan yang ditonton anak di rumah. Berikut inspirasi acara kartun di televisi nasional yang mendidik dan bisa jadi inspirasi moms.

Upin dan Ipin

Salah satu kartun berbahasa melayu ini bisa menjadi pilihan moms. Selain ceritanya yang selalu berbeda per epsiode, kartun dari negeri jiran ini juga sangat mendidik. Memiliki latar belakang tinggal di kampung Durian Runtuh, serial kartun si kembar plontos ini mengajarkan untuk menjadi anak kreatif dan berbakti kepada nenek dan kakak perempuannya. Mereka juga mengajarkan bagaimana menjadi siswa Taman Kanak-Kanak yang disiplin dan saling meyayangi satu sama lain di lingkungan sekolah dan rumah. Meski diantara mereka berbeda-beda. Sebut saja Upin dan Ipin yang berasal dari keluarga melayu, Jarjit Singh keturunan India Punjabi, Mei Mei dari Tionghoa dan Susanti dari Indonesia.

Mereka hidup rukun dan saling menunjukkan toleransi yang besar. Cerita makin berwarna, karena kehadiran tokoh-tokoh lainnya seperti Mail, Ehsan, Fizi, Dzul dan Ijat yang masing-masing memiliki karakter unik.

Upin dan Ipin
baca juga

Adit Sopo Jarwo

Salah satu serial kartun karya anak bangsa yang mendidik adalah Adit Sopo Jarwo. Serial kartu ini mencerminkan kehidupan anak-anak yang tinggal dipinggiran ibu kota. Pesan moralnya dapat dilihat dari adegan-adegan para tokohnya. Mulai Bang Jarwo yang ceroboh, Sopo yang selalu menerima dengan ikhlas apapun yang menimpanya hingga Adit. Anak yang selalu berbakti kepada kedua orang tua, dan aktif dari setiap kegiatan di lingkungannya.

Memiliki seorang adik perempuan, Adit juga mencerminkan kakak yang bertanggung jawab atas adiknya dan teman setia bagi kawan-kawannya. Petuah bijak juga datang dari tokoh Haji Udin, yang selalu menjadi penengah dalam setiap perseturuan yang terjadi antara Sopo, Jarwo dan Adit cs. 

Adit Sopo Jarwo

Tayo The Little Bus

Kartun yang mendidik dan tak boleh dilewatkan nih moms. Tayo The Little Bus 4 telah tayang. Mengisahkan tentang bus wisata bernama Tayo dan kawan-kawannya, kartun ini juga banyak menyimpan pesan moral. Mulai dari pentingnya saling membantu hingga peraturan-peraturan yang wajib ditaati selama di jalan raya. Untuk menghibur si kecil juga ada Tayo Sing Along, anak bisa bernyanyi bersama dengan Tayo dan kawan-kawan.

Tayo The Little Bus
baca juga

Chuggington

Moms, kartun berjudul Chuggington bisa menjadi pilihan. Saat menyaksikan kartun ini si kecil akan diajak berpetualang di kota fantasi Chuggington bersama lokomotif bernama Wilson, Brewster dan Koko. Ceriatnya makin berwarna ditambah dengan karakter lokomatif kembar bernama Hoot dan Toots, serta Piper. Di setiap adegan banyak pesan moral dari mulai tentang persahabatan, kejujuran, hingga menyelesaikan permasalahan tanpa kekerasan.

Chuggington

Chibi Maruko-chan

Salah satu serial kartun asal Jepang ini juga siap menghibur si kecil. Bercerita tentang sosok anak bernama Maruko yang memiliki sifat ceroboh. Hidup bersama ayah, ibu, nenek, kakek dan kakanya, Maruko selalu saja ditimpa masalah. Baik di rumah ataupun di sekolah. Duduk di kelas 3 sekolah dasar, Maruko selalu punya tempat keluh kesah atas masalahnya. Dia biasa bercerita dengan sang kakek, ataupun teman sekelasnya, Tamae. Berbagai pesan moral tercermin dari setiap keputusan Maruko. Berlatar kehidupan sehari-hari, tentu pesan moralnya baik untuk ditiru si kecil moms. Meski kartun telah dirilis pada di tahun 90an, tapi masih ditayangkan di televisi nasional hingga saat ini.

Chibi Maruko-chan

Super Wings

Serial kartun yang menampilkan Jett, si pesawat Jet yang memiliki tugas untuk mengantar paket kepada anak-anak di berbgaai wilayah. Untuk menjalankan tugasnya Jett bekerjasama dengan super wings, sekelompok pesawat yang dapat berubah menjadi robot, terutama saat situasi darurat. Jett dan kawan-kawan kerap kali harus mengajarkan ketrampilan dalam memecahkan masalah, serta pentingnya keanekaragaman budaya. Petualangan Jett semakin seru karena dalam menjalankan misinya ke 52 kota di 45 negara dibantu oleh Direktur misi, Jimbo, helikopter penyelamat Donnie, dan ahli navigasi Jerome.

Super Wings