Cara mengurangi sakit gigi pada anak
Sakit gigi bisa terjadi karena pulpa atau bagian gigi paling dalam yang terhubung dengan syaraf dan pembuluh darah mengalami peradangan.

5 Cara Meredakan Sakit Gigi Pada Anak dengan Bahan Alami
source: https://m.tribunnews.com/kesehatan/2015/03/20/batasi-konsumsi-gula-cegah-gangguan-gigi-pada-anak

Penyebab dari peradangannya pun bermacam-macam. Bisa karena gigi berlubang, gigi sensitif, atau karena pertumbuhan gigi yang tidak normal pada tempatnya seperti tumbuhnya gigi bungsu.

Namun, jangan buru-buru membawanya ke dokter. Moms bisa lho mengurangi rasa sakit gigi si kecil dengan cara alami berikut ini:

1. Berkumur air garam
Bahan dapur yang paling mudah ditemukan di rumah Moms adalah garam. Garam mengandung banyak kandungan mineral dan beberapa komponen utama seperti natrium dan klorida yang bisa membantu tubuh untuk menjaga sistem otot dan syaraf.

Bahan ini juga mengandung sulfur yang bisa mengeluarkan bakteri dan racun dalam tubuh.
Berkumur dengan air garam dapat membantu mengeluarkan bakteri yang menyebabkan sakit gigi. Memang efek menghilangkan rasa sakit dengan berkumurnya tidak terlalu lama. Maka dari itu, perlu dilakukan beberapa jam sekali.

5 Cara Meredakan Sakit Gigi Pada Anak dengan Bahan Alami
source: https://m.klikdokter.com/amp/3442300/nyeri-pada-mulut-kumur-air-garam-saja

2. Kompres dengan es batu
Ketika sakit gigi, pipi si kecil sering menjadi bengkak karena gusi sedang bermasalah. Jika hal ini terjadi, Moms bisa mencoba untuk mengompres pipi si kecil es batu yang dibalut sapu tangan atau dimasukkan ke dalam kantong plastik. Suhu dingin pada es batu dapat mengurangi rasa sakit pada gigi dan memulihkan kembali pipi yang bengkak.

baca juga

3. Bawang merah dan bawang putih sebagai antiseptik alami
Satu lagi bahan dapur yang mudah didapatkan di rumah adalah bawang merah dan bawang putih. Untuk bawang putih Moms cukup menggepreknya lalu menempelkannya ke bagian gigi si kecil yang sakit.
 
Sedangkan untuk bawang merah, potong bagian bawang lalu letakkan pada bagian gigi yang sakit. Bawang mengandung antiseptik dan anti-inflamasi yang membantu menghilangkan bakteri. Sehingga bawang bisa meminimalkan rasa sakit gigi si kecil.

5 Cara Meredakan Sakit Gigi Pada Anak dengan Bahan Alami
source: https://m.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170810141811-262-233738/enam-jenis-bawang-dan-fungsinya-dalam-makanan

4. Berkumur dengan minyak cengkeh
Minyak cengkeh diklaim mampu mengurangi sakit pada gigi, karena memiliki kandungan eugenol yang dapat menimbulkan efek mati rasa pada gigi dan gusi yang sedang sakit. Nah, Moms bisa menuangkan sedikit minyak cengkeh ke kapas, lalu tempelkan atau selipkan di bagian gigi si kecil yang sakit. Minyak cengkeh bertindak sebagai pembius lokal sehingga sakit mereda dan kemudian hilang.

Lakukan tiga kali dalam sehari secara teratur hingga sakit gigi anak menghilang. Jika tak ada minyak cengkeh, Moms juga bisa menggunakan cengkeh bubuk atau cengkeh yang masih utuh untuk mengobati gigi yang berlubang. 

5. Gunakan potongan jeruk nipis
Jeruk nipis tak hanya bermanfaat untuk menyegarkan tenggorokan, tapi juga dapat Moms gunakan untuk meredakan sakit gigi pada anak, lho. 

Caranya pun cukup mudah, Moms hanya perlu memotong jeruk nipis menjadi beberapa bagian kecil, lalu taruh tepat pada bagian gigi anak yang sakit. Biarkan selama beberapa menit, lalu ganti berkala jika dibutuhkan. 

5 Cara Meredakan Sakit Gigi Pada Anak dengan Bahan Alami
source: https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/8-manfaat-air-jeruk-nipis-bagi-kesehatan/amp/

Berikut tadi langkah-langkah yang bisa Moms coba untuk meredakan nyeri pada gigi si kecil. Namun, jika keluhan masih berlanjut segera hubungi dokter ya Moms.