Orangtua adalah sosok utama yang bisa menentukan bagaimana tumbuh kembang seorang anak. Sebagai yang utama, keduanya perlu bekerjasama untuk memenuhi hal tersebut. Tapi Moms, sudah tahukah kalau sosok ayah punya andil yang cukup besar dalam perkembangan mentalsi buah hati?!
 
Keberadaan ayah akan membuat anak lebih kuat dan percaya diri. Sebab, anak bisa merasakan kehadiran seseorang yang dapat ia andalkan. Selain itu, anak juga membutuhkan rasa aman, disayang, dan diakui. Hal itu bisa didapat jika hubungan anak dengan ayahnya cukup baik.

Penting Untuk Tumbuh Kembang, Ini Cara Membentuk Kedekatan Anak dengan Ayahnya


Peran Moms Sebagai Perantara Kedekatan Anak dengan Ayahnya

Moms bisa ambil peran untuk membantu anak agar lebih dekat dengan ayahnya. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

Membagi tugas mengurus anak
 
Mengurus anak bisa saja terasa berat bila sedang lelah atau mood tidak baik. Namun Moms harus selalu berdiskusi dengan suami dalam menangani anak, bahkan hingga hal sekecil apapun. Mengurus anak bisa jadi aktivitas yang memperkuat ikatan dengan si buah hati.
 
Misalnya, jika anak menangis, ayah haruslah menanganinya terlebih dahulu baru kemudian disusul ibu. Berikan pengertian kepada suami bahwa hal tersebut bukan untuk membebaninya, melainkan demi menjaga ikatan si ayah kepada anak. Situasi ini bisa dikondisikan bersama agar tidak saling memberatkan.

Penting Untuk Tumbuh Kembang, Ini Cara Membentuk Kedekatan Anak dengan Ayahnya

Beritahukan hal-hal yang disukai atau tidak disukai anak
 
Moms, karena sering menghabiskan waktu dengan anak, mungkin Moms lebih tau banyak tentang mereka. Ceritakan hal-hal tersebut kepada suami. Ajari pula cara menghadapi anak dan bagaimana berbincang yang menyenangkan.
 
Pengetahuan yang banyak tentang anak akan mempermudah ayah dalam berkomunikasi. Meskipun hanya perbincangan singkat, anak bisa merasakan kepedulian sang ayah melalui percakapan-percakapan sederhana yang anak-anak sukai.
 
Ayah juga harus terbiasa terlibat dalam komunikasi. Biarkan anak untuk menceritakan mengenai apapun yang ia alami. Sebaiknya pula, pendekatan tersebut dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan. Sesibuk apapun bekerja, ayah harus bisa menyediakan waktu khusus untuk anaknya.
 
Bermain bersama anak
 
Moms juga dapat memberikan waktu agar ayah dan anak bisa menghabiskan waktu bersama. Bisa pula ketika ayah pulang dari kantor, Moms mengajari anak untuk menyambutnya dengan pelukan hangat dan senyuman. Bila perlu, Moms dapat juga meminta anak untuk memijat lembut sang ayah yang merasa letih sehabis bekerja.
 
Menghabiskan waktu bersama juga bisa dilakukan dengan melibatkan ayah dalam permainan si anak. Misalkan saat main dokter-dokteran, ayah ikut berperan menjadi pasien. Tanggapi setiap reaksi anak hingga kebersamaan tersebut jadi kenangan indah yang terekam dalam memori mereka.
 
Sebaiknya pula, ayah harus bisa menjalin kedekatan dengan anak secara konsisten dan berkesinambungan. Sesibuk apapun ayah bekerja, ayah harus bisa menyediakan waktu khusus untuk anaknya.

baca juga
Penting Untuk Tumbuh Kembang, Ini Cara Membentuk Kedekatan Anak dengan Ayahnya


Melakukan aktivitas di luar rumah

Keluar rumah bisa menjadi cara ampuh menjalin kedekatan antar anggota keluarga. Dalam lingkungan yang menyenangkan, banyak hal baru ditemukan dan kenangan mudah diciptakan. Tak perlu jauh-jauh, misalnya bermain bola, bersepeda, memancing, mengunjungi museum, makan di restoran, ataupun ke toko buku. Dengan terus berinteraksi setiap hari, ayah dan anak bisa lebih saling mengenal satu sama lain.
 
Itulah pentingnya kedekatan antara anak dengan ayah dan apa yang bisa Moms lakukan untuk membentuk kedekatan mereka. Demi tumbuh kembang anak dengan baik secara fisik maupun psikisnya, jadilah orang tua yang selalu dekat dengan anak. Tapi ingat, jangan terlalu memanjakan mereka ya, Moms!