Larangan bermain pada waktu menjelang Magrib sering dikatakan oleh para orang tua yang masih memegang adat kejawen. “Banyak hantu berkeliaran,” begitu katanya. Memang tidak sepenuhnya salah, Moms. Jika orang tua mengatakannya untuk menakut-nakuti anak, Islam dapat menjelaskannya secara lebih mendetail.

Diriwayatkan dari sahabat Jabir ra. bahwa Rasulullah SAW berkata yang artinya:

“Ketika waktu malam tiba, laranglah anak-anakmu (keluar rumah), karena setan itu berinteraksi dan bertebaran pada waktu itu. Ketika waktu Isya sudah lewat, maka kalian boleh membiarkan mereka bermain. Tutuplah pintu sambil berzikir pada Allah SWT” (HR. Bukhari).

Mitos Atau Fakta Anjuran Tutup Pintu & Jendela Jelang Maghrib? Ini Penjelasannya Menurut Islam

Sebagai waktu dimana pergantian siang dan malam terjadi, menjelang Magrib memang disarankan untuk tetap berada di dalam rumah, Moms. Hal ini bertujuan untuk menjauhkan diri dari gangguan jin Ummu Sibyan.

Ummu Sibyan adalah jin wanita yang suka berkunjung ke rumah-rumah orang yang pintu dan jendelanya terbuka saat petang hari. Ia memiliki misi khusus yaitu mengganggu wanita, terutama ibu hamil dan bayi. Nah, sekarang sudah paham kan kenapa harus tutup pintu dan jendela saat Magrib?
 
Eits, jangan takut dulu ya, Moms. Penjelasan ilmiah fenomena saat Magrib ini sebenarnya penah muncul dalam sebuah buku karya Prof. DR. Ir. H. Osly Rachman, MS yang berjudul The Science Of Shalat . Dijelaskan bahwa menjelang Magrib, alam akan berubah menjadi spektrum cahaya berwarna merah. Dan perubahan spektrum warna alam ini selaras dengan frekuensi jin dan iblis.

Selain itu pada waktu Magrib, banyak interferensi atau tumpang tindihnya gelombang yang berfrekuensi sama sehingga penglihatan terkadang kurang tajam oleh adanya fatamorgana. Sangat bisa dipahami kalau penglihatan juga semakin menurun diwaktu tenggelamnya matahari ini ya, Moms.

Mitos Atau Fakta Anjuran Tutup Pintu & Jendela Jelang Maghrib? Ini Penjelasannya Menurut Islam

Nah, Islam juga memberikan beberapa cara menghindari gangguan jin Ummu Sibyan ini. Namun sebelumnya, Moms harus tau bagaimana ciri-ciri wanita yang telah diganggu jin tersebut:

  • Sesak nafas pada saat waktu Ashar hingga malam hari
  • Sering kusut pikiran
  • Sakit pada bagian tulang belakang
  • Mengigau saat tidur
  • Bermimpi menakutkan

Cara mengelak dari gangguan ummu sibyan yaitu pertama dengan menutup pintu dan jendela rumah waktu menjelang Magrib. Kedua, jangan masukkan baju yang dijemur pada waktu menjelang Magrib. Angkatlah jemuran sebelum waktu tersebut. Jika terlanjur, maka Moms bisa membiarkannya saja hingga esok hari atau mengambilnya pada waktu malam usai ‘Isya. Jika memiliki bejana atau gentong di rumah, Moms juga harus menutupnya saat petang sambil membaca Basmallah.

baca juga
Mitos Atau Fakta Anjuran Tutup Pintu & Jendela Jelang Maghrib? Ini Penjelasannya Menurut Islam

Langkah lainnya yang bisa Moms lakukan adalah dengan secara rutin membaca dzikir pagi dan petang. Dzikir ini bisa melindungi wanita dari gangguan jin Ummu Sibyan jika dibaca dengan sungguh-sungguh.
 
Moms, keberadaan jin Ummu Sibyan ini bukan untuk ditakuti ya. Sebab, jin juga termasuk salah satu makhluk ciptaan Allah SWT. Moms hanya perlu mencegahnya dengan berusaha lebih dekat pada sang pencipta. Tidak ada salahnya menutup pintu dan jendela di waktu Magrib.
 
Bahkan menurut medis, pada waktu tersebut, udara di sekitar menjadi lebih kering sehingga tubuh akan merasa tidak nyaman. Kondisi udara seperti ini dapat memicu batuk yang lebih parah. Nah, Moms mulai biasakan tutup pintu dan jendela menjelang Magrib ya.