Tetapkan Tayangan dan Jam Nonton TV

Hal pertama yang harus Moms lakukan adalah menetapkan tayangan apa yang boleh ditonton oleh si kecil dan memberlakukan jam nonton TV. Buatlah peraturan yang tegas dan jangan biarkan si kecil menonton TV selain pada jam yang telah ditentukan. Namun jika si kecil merengek minta nonton TV, tentukan tayangan apa yang boleh dia tonton saat itu.

Tetapkan Tayangan dan Jam Nonton TV
source: https://woop.id/

Hindari Menonton TV Sebelum Tidur

Sebelum tidur sebaiknya Moms dan Dads menghindari TV menjelang tidur. Hal ini akan berdampak pada si kecil agar tidak terbiasa menonton TV ketika memasuki waktu tidur. Hal ini diperlukan agar si kecil memiliki jam tidur yang teratur dan tidak merengek jika acara yang ditonton belum selesai. Biasakan hal ini ya, Moms. Karena semakin malam tayangan yang disuguhkan TV adalah tayangan untuk orang-orang dewasa.

Hindari Menonton TV Sebelum Tidur
source: https://hellosehat.com/
baca juga

Jangan Terlalu Sering Menonton TV

Selain TV, masih banyak media informasi dan hiburan lain yang bisa Moms gunakan dan tentunya lebih bermanfaat. Misalnya, Moms dan si kecil membaca buku bersama atau saling bercerita satu sama lain. Hal ini akan menjadikan Moms dan si kecil menjadi lebih dekat. Lagipula, menonton TV terlalu sering kan tidak baik, Moms.

Jangan Terlalu Sering Menonton TV
source: https://tirto.id/

Temani Anak Menonton TV

Ini yang terpenting, Moms. Menemani anak menonton TV sama dengan Moms mengawasi secara langsung apa yang si kecil tonton. Dengan menonton TV bersama anak, maka Moms bisa mengetahui tayangan apa yang bagus untuk ditonton. Moms bisa mengganti channel jika Moms rasa acara tersebut tidak baik untuk si kecil.

Temani Anak Menonton TV
source: https://www.idntimes.com/

Nah Moms, itu tadi tips memilih tayangan TV yang aman untuk si kecil. Selamat mencoba, Mommies.