1. Gunakan Kosmetik yang Perlu Saja

Umumnya, wanita menggunakan lebih dari 10 produk kosmetik dan skincare dalam sehari. Nah, produk kosmetik itu mengandung ratusan bahan kimia. Untuk mengurangi paparan bahan kimia pada kulit dan masuk ke tubuh, maka kurangi produk kosmetik dan perawatan selama hamil. Gunakan yang menurutmu perlu saja. 
 
source: http://www.momjunction.com


 

baca juga

2. Cek Sebelum Membeli

Alanglah bijaknya jika kamu mencari tahu terlebih dahulu jenis kosmetik dan skincare yang aman untuk ibu hamil. Setelah itu, barulah kamu membelinya. Jangan lupa membaca label produk dengan baik. Jangan beli kalau ternyata produk itu mengandung zat parabean yang berbahaya bagi tubuh. 
 

source: http://www.goodtoknow.co.uk


 

3. Hindari Membeli Produk Wewangian (Fragrance Free)

Ternyata wangi-wangian atau fragrance mengandung campuran bahan kimia yang sangat banyak dan berisiko memicu alergi dan asma. Selain itu, fragrance bisa menggangu kestabilan hormonmu. Oleh karenanya, sebaiknya hindari dulu membeli produk fragrance ya, Moms!
 

source: https://www.dicasdemulher.com.br/escolha-o-perfume-de-acordo-com-a-ocasiao/


 

baca juga

4. Perawatan Jerawat

Di awal-awal kehamilan, akan terjadi perubahan hormon yang menimbulkan reaksi beragam, contohnya munculnya jerawat pada wajah. Pasti hal ini membuatmu tidak nyaman. Untuk mengatasinya, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter agar diberikan pengobatan yang tepat untuk jerawatmu. Tapi, apabila kamu tidak sempat ke dokter, maka kamu bisa menggunakan facial wash yang tidak mengandung lebih dari 2 persen asam salisilat.
 

source: https://www.babycenter.com


 

5. Produk Make Up

Saat keluar rumah, kamu mungkin tidak percaya diri tidak mengenakan make up. Nah, selama hamil cobalah produk make up yang berlabel "noncomedogenic" atau "nonacnegenic". Ini berarti produk tersebut bebas dari minyak dan tidak menyumbat pori-pori. Produk ini aman dan tidak akan memengaruhi kesehatan bayi di rahim.

Sebaliknya, hindari kosmetik yang mengandung asam retinol atau salisilat yang biasanya ditemukan di beberapa produk untuk kulit berjerawat. 
 

source: http://waytoenliven.com

Nah, itu dia beberapa panduan memilih kosmetik untuk ibu hamil yang aman dan tidak membahayakan janin. Semoga membantumu ya, Moms!