Menghindari Nyeri Punggung

Bilan Mommies merasakan nyeri pada punggung, nah menyusui sambil tiduran akan membantu mengurangi tekanan, terutama pada punggung bagian bawah. Jadi Moms tidak merasa nyeri punggung saat menyusui. Lebih nyaman kan, Moms.

Menghindari Nyeri Punggung
source: https://www.alodokter.com/

Bayi Tidak Tersedak

Menyusui sambil tiduran dengan posisi miring akan membuat bayi mampu mengatasi aliran ASI yang cepat. Jadi bayi tidak akan mudah tersedak. Bayi akan mudah menjauh dari payudara ketika aliran ASI cepat, lalu kembali lagi ketika aliran ASI mulai melambat.

Bayi Tidak Tersedak
source: https://health.detik.com/
baca juga

Lebih Nyaman Pasca Operasi Caesar

Jika Moms baru saja melahirkan melalui operasi caesar, maka menyusui sambil tiduran lebih dianjurkan. Hal ini bertujuan untuk menghindari beban bayi pada luka bekas operasi caesar. Jadi Moms akan merasa lebih nyaman.

Lebih Nyaman Pasca Operasi Caesar
source: https://nakita.grid.id/

Proses Menyusui Lebih Nyaman Bila Moms Mendapat Jahitan

Tidak hanya dianjurkan untuk Moms yang menjalani operasi caesar, tapi untuk Moms yang
menerima jahitan karena sobekan perineum atau episiotomi selama melahirkan, posisi duduk ketika menyusui akan membuat jahitan terasa sakit. Tapi menyusui sambil tiduran jadi posisi yang nyaman sekaligus bisa mengurangi bengkak.

Proses Menyusui Lebih Nyaman Bila Moms Mendapat Jahitan
source: https://bundaoma.blogspot.com/
baca juga

Mengatasi Payudara Besar

Jika Moms memiliki bentuk payudara yang besar, maka menyusui sambil tiduran bisa jadi pilihan, Moms. Karena wanita dengan payudara berukuran besar sering merasa kesulitan memposisikan dan melakukan pelekatan karena sulit melihat puting dan mulut bayi. Nah, menyusui sambil tiduran memudahkan Moms melihat puting dan mulut bayi serta jadi posisi yang lebih efektif. Bayi juga dapat melakukan pelekatan dengan lebih baik.

Mengatasi Payudara Besar
source: http://info-menarik24.blogspot.com/

Nah Moms, itu tadi manfaat menyusui sambil tiduran yang bisa Moms coba di rumah jika Moms memiliki masalah dengan menyusui dengan posisi duduk. Posisi menyusui ini disarankan hanya ketika Moms tidak bisa duduk tegak dan memegang bayi. Satu atau dua hari setelah operasi caesar, Moms disarankan duduk tegak ketika menyusui untuk memastikan lebih sedikit risiko  ASI terserap ke paru-paru bayi.

Kemungkinan ASI terserap di paru-paru karena aspirasi cukup tinggi pada bayi yang disusui dengan posisi berbaring. Ini bisa berakibat fatal pada bayi. Posisi menyusui ini direkomendasikan untuk Mommies yang menjalani operasi caesar hanya pada 24 jam pertama setelah pembedahan.