Cara Aman Menghilangkan Noda Pada Pakaian Putih, Simak Tips Merawatnya Juga Yuk!

Bahaya Pemutih Pakaian
 
Kebanyakan orang akan menggunakan pemutih pakaian untuk mengatasi noda yang menempel pada baju putih. Selain menghilangkan kotoran yang menempel, beberapa iklan pemutih mengatakan bahwa produknya dapat mengembalikan warna pakaian putih hingga terlihat seperti baru.
 
Namun sayangnya, penggunaan pemutih pakaian berlebih dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan lho, moms. Salah satunya yaitu mengenai kesehatan kulit, apalagi kulit anak yang sangat sensitif. Nah, untuk mengurangi efek buruk pemutih pakaian, moms bisa menggantinya dengan bahan alami seperti lemon untuk membersihkan noda pada pakaian putih si kecil.
 
Cara pertama, campurkan jus lemon dan air dengan perbandingan yang sama. Lalu oleskan pada area yang bernoda pada pakaian putih. Diamkan sekitar 10-15 menit hingga campuran lemon tadi meresap. Setelah itu, kucek perlahan dan bilas hingga bersih.
 
Masih dengan bahan utama yaitu lemon, moms bisa menggunakan cara kedua mengatasi noda dengan bahan alami. Potonglah lemon menjadi beberapa bagian, kemudian rebus dalam air bersih hingga mendidih. Rendam pakaian pada air rebusan lemon tersebut selama 15-30 menit, kucek perlahan, lalu bilas.
 
Selain vitamin C, lemon juga mengandung asam sitrat. Asam ini dapat melerai noda yang menempel pada pakaian sehingga membuat warna pakaian lebih cerah. Air lemon tidak memiliki resiko merusak lingkungan dan tidak pula berbahaya bagi tubuh manusia. So, sudah pernah coba moms?

Cara Aman Menghilangkan Noda Pada Pakaian Putih, Simak Tips Merawatnya Juga Yuk!

Cara Merawat Pakaian Putih
 
Moms memang harus memberikan perlakuan spesial terhadap baju putih kesayangan anak ataupun suami. Lalu bagaimana ya tips merawat baju putih kesayangan agar bahan dan warna tetap awet? Berikut beberapa tipsnya, moms:

  • Saat mencuci, pisahkan baju putih dari baju berwarna lainnya yang dapat luntur. 
  • Jika terdapat noda, terlebih dahulu bersihkan area yang terkena noda sebelum mencucinya secara keseluruhan, serta hindari menyikat secara berlebih. 
  • Gunakan deterjen khusus untuk pakaian putih, tapi juga jangan terlalu sering menggunakan cairan pemutih pakaian. 
  • Hindari menjemur pakaian terlalu lama dibawah terik matahari dan menyetrika dengan suhu tinggi. 
  • Gunakan deodoran bebas alumunium, sebab zat dapat meninggalkan bekas kekuningan pada pakaian

Oke moms, itulah tips supaya pakaian putih kesayangan tetap awet dan tidak mudah menguning. Dengan menerapkan cara perawatan yang benar, moms bisa hemat uang untuk beli baju baru. Semoga bermanfaat untuk keluarga tercinta.