Mengantuk bisa timbul di saat moms tidak melakukan pekerjaan apapun, maupun saat sedang bekerja atau belajar. Meski mengantuk merupakan hal yang wajar, namun jika rasa kantuk susah hilang bisa mengganggu aktivitas moms. Apalagi jika sedang banyak pekerjaan, tapi rasa kantuk tidak kunjung hilang. Selain karena moms yang kurang tidur, penyebab mengantuk bisa karena moms kurang minum, stress, tubuh kurang bergerak, dan mengkonsumsi makanan tidak sehat. Jika meminum kopi tidak cukup untuk menghilangkan rasa kantuk, moms bisa simak penjelasan di bawah ini untuk mengatasinya.

Olahraga Ringan

Olahraga ringan yang dilakukan bisa dilakukan dengan stretching ringan atau melakukan lompatan ringan sehingga moms bisa menjadi waspada dan pikiran kembali fokus. Selain olahraga ringan, moms juga bisa berjalan-jalan di ruangan yang sedang moms singgahi. Tubuh perlu dibuat gerak agar otot kembali renggang sehingga moms tidak mudah mengantuk.

Olahraga Ringan
baca juga

Sarapan Pagi

Moms pernah merasa mengantuk di pagi hari? Bisa jadi karena moms lupa untuk sarapan pagi. Jenis menu sarapan pagi bisa dengan sereal yang membantu moms terhindar dari stress. Tidak sarapan pagi membuat moms kehilangan energi dan cepat mengantuk, moms juga sebaiknya tidak sarapan pagi terlalu kenyang atau makan makanan yang mengandung banyak karbohidrat.

Sarapan Pagi

Banyak Minum Air Mineral

Dehidrasi juga bisa menjadi penyebab rasa ngantuk sering muncul. Moms bisa selalu siapkan air mineral di manapun berada. Sehingga saat rasa kantuk muncul, moms hanya tinggal meminumnya. Mengkonsumsi air mineral minimal 8 kali sehari, jadi jangan sampai kurang ya, moms.

Banyak Minum Air Mineral
baca juga

Tidur Siang

Jika sangat mengantuk dan susah menghilangkan rasa kantuk tersebut karena kurang tidur di malam hari, sempatkanlah untuk tidur siang meski hanya 20 menit. Tidur siang bisa kembali meningkatkan kefokusan, mengurangi kelelahan, dan sebagai relaksasi.

Tidur Siang

Tarik Napas Dalam

Rasa ngantuk bisa disebabkan karena kurangnya oksigen yang masuk ke dalam tubuh. Saat mengantuk, tarik napas dalam agar oksigen kembali masuk ke dalam tubuh, kemudian napas secara perlahan. Cara mudah ini bisa meningkatkan kemampuan kognitif, menambah energi, dan merelaksasi sejenak pikiran. Moms bisa lakukan tarik napas dalam sebanyak 10 kali.

Tarik Napas Dalam

Mengunyah Permen Karet

Selain bermanfaat untuk melindungi gigi, ternyata mengunyah permen karet bisa membuat ngantuk hilang. Dengan sering mengunyah permen karet, otot-otot wajah akan terstimulasi dan darah mengalir lancar ke kepala. Stress hilang, tubuh kembali segar, dan rasa ngantuk dalam sekejap bisa hilang.

Mengunyah Permen Karet

Melakukan Pijatan di Beberapa Bagian Tubuh

Peredaran darah kembali lancar bisa menghilangkan rasa ngantuk. Untuk melancarkan peredaran darah, moms bisa melakukan pijatan ringan di beberapa bagian tubuh seperti pundak, leher, dan kepala sehingga tubuh kembali ringan dan rileks.

Melakukan Pijatan di Beberapa Bagian Tubuh