1. Tunjukkan Seperti Apa Sekolah Itu

Langkah pertama yang Moms bisa lakukan untuk mencegah anak tantrum ketika hari pertama sekolah adalah dengan memberikan pengertian tentang sekolah. Ceritakan kepada si kecil bahwa dia akan bertemu dengan banyak teman, Moms bisa menunjukan video kepada si kecil sebagai gambaran lingkungan sekolah dan beragam kegiatan belajar di sekolah yang menghibur. Akan lebih baik lagi jika si kecil sudah berkenalan dengan teman salah satu kelasnya sehingga si kecil tidak terlalu canggung ketika berada di lingkungan baru.

1. Tunjukkan Seperti Apa Sekolah Itu

2. Siapkan Peralatan Sekolah Bersama

Dengan mempersiapkan peralatan sekolah bersama, Moms bisa melibatkan anak dalam setiap kegiatan yang akan membantunya untuk lebih bersemangat menjelang hari pertama sekolah. Salah satunya adalah dengan mempersiapkan peralatan sekolah yang dibutuhkan, berikan si kecil kesempatan untuk memilih alat-alat tulis, hingga tas, dan sepatu yang akan digunakan ketika sekolah. Dengan begitu Moms bisa membantu si kecil dalam menumbuhkan rasa semangat dan percaya diri serta melatihnya untuk memulai mandiri dalam membuat keutusan.

2. Siapkan Peralatan Sekolah Bersama
baca juga

3. Antar Si Kecil Ke Sekolah di Hari Pertama

Setelah berbagai persiapan untuk sebelum masuk sekolah, hal yang berikutnya Moms harus lakukan adalah mengantar si kecil pergi ke sekolah pada hari pertama sekolah. Pada hari pertama si kecil sekolah, antar dan temani si kecil agar dia tidak merasa ditinggalkan oleh orang tua nya. Setelah itu, Moms ada kalahnya harus "menghilang" beberapa saat dari pandangan si kecil agar anak terlatih untuk mandiri pada hari-hari berikutnya. Jika si kecil rewel dan memaksa untuk ditemani, sebaiknya Moms tetap membiarkan mereka mandiri karena bisa jadi kebiasaan buruk jika Moms menemani si kecil tiap harinya. Moms bisa bekerja sama dengan guru agar memperkenalkan si kecil dengan teman-teman lainnya, sehingga si kecil tidak akan merasa kesepian.

3. Antar Si Kecil Ke Sekolah di Hari Pertama

4. Beri Si Kecil Penghargaan

Jika si kecil berhasil menjalani hari pertamanya bersekolah dengan baik, Moms bisa memberikan penghargaan kepada si kecil agar termotivasi dan suka dengan lingkungan sekolah. Penghargaan tersebut bisa menjadi merupakan sebuah apresiasi sehingga si kecil akan belajar hal-hal baru lainnya dengan harapan akan mendapatkan penghargaan lainnya. Penghargaan tersebut bisa menjadi berupa hadiah, mengajak jalan-jalan berpergian, ataupun hal lainnya yang membuat si kecil senang.

4. Beri Si Kecil Penghargaan
baca juga

5. Moms Tak Perlu Panik Ketika Anak Tantrum

Jika si Kecil sudah terlanjur tantrum, Moms tak perlu panik. Berikan si kecil kesempatan untuk mengungkapkan alasan kenapa ia tidak mau datang ke sekolah, sebaiknya Moms hindari memaksa apalagi memarahinya, karena paksaan dan omelan yang Moms berikan, justru dapat membuatnya trauma dan aktivitas sekolah menjadi sesuatu yang menakutkan bagi si kecil. Moms bisa menunggu hingga si kecil siap untuk berangkat sekolah, tentu sekolah akan memaklumi bila si kecil datang terlambat.

5. Moms Tak Perlu Panik Ketika Anak Tantrum

Berikut adalah beberapa tips untuk Moms jika si kecil tantrum saat menjalani hari pertamanya di sekolah. Semoga Bermanfaat ya Moms