1. Menjaga Kesehatan Mulut

Sebuah studi menunjukkan bahwa teh hitam dapat mengurangi pembentukan plak serta membatasi pertumbuhan bakteri yang menyebabkan gigi berlubang dan kerusakan gigi. Selain itu, polifenol yang ditemukan dalam teh hitam dapat membunuh dan melampaui bakteri penyebab rongga serta menghambat pertumbuhan enzim bakteri yang menyebabkan plak gigi.

5 Manfaat Teh Hitam Untuk Kesehatan, Cegah Kanker Hingga Atasi Diabetes
source: https://www.kadambri.in/


2. Mencegah Kanker

Meskipun masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan efek pencegahan kanker dari teh hitam. Namun, beberapa penelitian selama bertahun-tahun menunjukkan bahwa antioksidan seperti polifenol dan katekin dalam teh hitam dapat membantu mencegah perkembangan beberapa jenis kanker. Bahkan, ditemukan bahwa wanita yang minum teh hitam secara teratur memiliki risiko yang lebih rendah terkena kanker ovarium.

5 Manfaat Teh Hitam Untuk Kesehatan, Cegah Kanker Hingga Atasi Diabetes
source: https://tea101.teabox.com/
baca juga


3. Turunkan Risiko Diabetes

Selanjutnya, sebuah studi penelitian juga dilakukan untuk meneliti orang tua yang tinggal di pulau-pulau Mediterania. Di sana, ditemukan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi teh hitam secara jangka panjang pada kadar yang sedang (yaitu 1-2 gelas sehari) memiliki risiko 70% lebih rendah untuk terkena diabetes tipe 2.

5 Manfaat Teh Hitam Untuk Kesehatan, Cegah Kanker Hingga Atasi Diabetes
source: https://www.lipton.com/


4. Sistem Kekebalan Tubuh Lebih Baik

Teh hitam mengandung antigen alkilamin yang dapat membantu meningkatkan respons kekebalan tubuh kita. Selain itu, teh hitam juga mengandung tanin yang memiliki kemampuan untuk melawan virus dan menjaga seseorang terlindung dari influenza, flu perut dan beragam virus lain yang biasa ditemukan dalam kehidupan kita sehari-hari.

5 Manfaat Teh Hitam Untuk Kesehatan, Cegah Kanker Hingga Atasi Diabetes
source: https://www.birchbox.com/
baca juga


5. Saluran Pencernaan Sehat

Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tanin juga memiliki efek terapeutik pada penyakit lambung dan usus. Inilah yang nantinya juga membantu mengurangi aktivitas pencernaan. Nah, dari semua manfaat tersebut, jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi teh hitam. Namun ingat, tetap dijaga dalam asupan yang wajar.