1. Pengenalan Lebih Dekat dengan Mertua

Di awal pernikahan, mengenal lebih dekat antar pasangan satu sama lain sudah menjadi hal yang pasti sudah diketahui semua orang. Sayangnya, pernikahan bukan hanya penyatuan dua individu, melainkan juga dua keluarga. Pengenalan lebih dekat dengan mertua, ipar, dan anggota keluarga lainnya juga kerap menimbulkan drama dan perjuangan tersendiri.

Serba-Serbi 5 Tahun Awal Pernikahan, Ini 5 Hal yang Akan Terjadi
source: https://www.self.com/


2. Keuangan Menjadi Masalah yang Sangat Sensitif

Para konselor pernikahan kerap mengatakan bahwa uang adalah topik masalah besar dalam pernikahan yang sering menyebabkan perceraian dan perpisahan. Tiap orang memiliki karakter tersendiri dalam urusan finansial, inilah yang harus disatukan mengingat keduanya memiliki peran yang sama dalam menjaga kondisi finansial keluarga tetap dalam kondisi yang stabil. Kunci utama untuk melalui masalah ini adalah menjaga komunikasi dan keterbukaan antar pasangan.

Serba-Serbi 5 Tahun Awal Pernikahan, Ini 5 Hal yang Akan Terjadi
source: https://www.consumerreports.org/
baca juga


3. Pernikahan Mengubah Pola Pikir

Dalam 5 tahun terakhir, baik istri maupun suami akan mengalami perubahan yang cukup signifikan. Beragam masalah dan pengalaman dalam bahtera rumah tangga akan membuat seseorang dapat mengalami perubahan dari segi prinsip, mindset, hingga perspektif dalam memandang sesuatu. Keberadaan pasangan merupakan cermin yang berbicara untuk mengingatkan dan mengoreksi jika ada kekurangan yang dimiliki seseorang. Itulah sebabnya, penting bagi Mommy untuk bisa menjaga komunikasi tetap baik dan lancar di awal pernikahan.

Serba-Serbi 5 Tahun Awal Pernikahan, Ini 5 Hal yang Akan Terjadi
source: https://www.focusonthefamily.com/


4. Keikhlasan Memaklumi Hal-Hal Kecil

Menikah dan hidup bersama orang asing akan membuatmu mengalami banyak perubahan hidup. Banyak sekali perilaku sepele pasangan yang tanpa disadari membuat Mommy menjadi emosional, seperti misalnya lupa menjemur handuk, meletakkan sepatu sembarangan, atau bahkan menaruh kaus kaki kotor di atas tempat tidur. Sadarilah bahwa ini adalah hal-hal kecil yang harus dimaklumi karena masih ada banyak hal besar lain yang harus diselesaikan daripada sekedar urusan kaus kaki atau handuk. 

Serba-Serbi 5 Tahun Awal Pernikahan, Ini 5 Hal yang Akan Terjadi
source: https://www.crosswalk.com/
baca juga


5. Memulai Tradisi Keluarga Baru

Tahun pertama pernikahan biasanya memiliki tantangan tersendiri. Hal ini menyangkut saat hari raya lebaran atau natal, keluarga siapa yang akan didatangi pertama kali, bersama siapa kita akan menghabiskan waktu liburan? Pasti akan sangat sulit untuk menggabungkan dua tradisi keluarga menjadi satu. Namun, pastikan Mommy membuat cara untuk menciptakan tradisi sendiri sebagai unit keluarga dalam lima tahun pertama pernikahan.

Serba-Serbi 5 Tahun Awal Pernikahan, Ini 5 Hal yang Akan Terjadi
source: https://www.shutterfly.com/


Itulah serba-serbi dan suka duka pernikahan di lima tahun pertama. Kira-kira mana yang sudah dilewati dengan sukses oleh Mommy?