Bangun Komunikasi

Langkah pertama yang harus dilakukan saat menghadapi pasangan yang boros adalah menjaga komunikasi. Komunikasikan masalah finansial dengan pasangan tentang kebiasaan baik dan buruk yang dimiliki oleh satu sama lain. Hal ini penting agar pasanganmu tidak tersinggung karena bahasan yang menyudutkan perilaku finansial buruknya. Mungkin saja pasanganmu memiliki pendapat lain. Dengan komunikasi yang baik, diharapkan akan menemukan titik temu dan solusi yang baik untuk kedua pasangan.

5 Cara Menghadapi Pasangan yang Terlalu Boros
source: https://blaqer.com/


Merancang Tujuan Keuangan Bersama

Mungkin selama ini Mommy dan pasangan belum memiliki target atau tujuan keuangan jangka panjang yang disepakati bersama. Tanpa disadari hal ini sebenarnya sangat penting untuk memberikan kesadaran istri dan suami pada tanggung jawab rumah tangga yang tidak sedikit. Cobalah untuk membuat sebuah rancangan atau target keuangan yang bisa memberikan arahan bagaimana istri dan suami harus memerhatikan pengeluaran.

5 Cara Menghadapi Pasangan yang Terlalu Boros
source: https://blogs.wsj.com/
baca juga


Saling Evaluasi

Setelah membuat kesepakatan finansial, cobalah untuk kompak dalam menjalankan apa yang sudah disepakati. Pastikan Mommy dan pasangan saling evaluasi dan mengingatkan jika ada keputusan finansial yang tidak sesuai dengan kesepatakan yang sudah dibuat. Misalnya saat belanja, jangan pernah lupa untuk membuat daftar belanja dan selalu perhatikan pengeluaran yang dilakukan. Selain itu, mulai ingatkan pasangan untuk selalu memikirkan prioritas, pengeluaran, serta pertimbangan lain sebelum membeli sesuatu.

5 Cara Menghadapi Pasangan yang Terlalu Boros
source: http://www.thisisreallyinteresting.com/


Bangun Komitmen dan Sepakati Konsekuensi

Setelah itu, pastikan kedua pihak, baik suami maupun istri, sama-sama memiliki komitmen yang serius untuk mencapai tujuan finansial keluarga. Kedua pihak harus sama-sama sadar bahwa perencanaan keuangan yang disepakati adalah prioritas utama untuk masa depan. Hal ini harus dicapai dengan komitmen dan kedisiplinan dari suami dan istri. Jangan lupa juga untuk membuat hukuman atau konsekuensi untuk salah satu pihak yang melanggar kesepatakan. Hukuman dapat berupa pengurangan uang mingguan.

5 Cara Menghadapi Pasangan yang Terlalu Boros
source: https://www.smartparenting.com.ph/
baca juga


Mulailah Berinvestasi

Menabung uang mungkin saja menjadi ide yang buruk karena uangnya dapat digunakan dengan mudah sehingga sulit untuk menjaga pengeluaran tetap stabil. Untuk itu, cobalah mencari media lain untuk menyimpan uang yang lebih aman dan pastinya menguntungkan. Salah satunya adalah dengan berinvestasi. Carilah informasi seputar pilihan investasi yang menarik untuk dipilih. Saat seseorang sudah rutin berinvestasi, tanpa disadari perilaku buruk finansial seperti berbelanja boros dapat berkurang.

5 Cara Menghadapi Pasangan yang Terlalu Boros
source: https://www.quadrusinvestmentservices.com/

Itulah beberapa tips menghadapi pasangan yang boros. Ingatlah bahwa semua orang mempunyai potensi menjadi boros. Untuk itu, penting bagi kedua pasangan memiliki komitmen yang sama untuk mencapai target finansial bersama.